Sliahkan Baca Beritanya Disini

Ada Ghozali Everyday, 14 Orang Paling Berpengaruh Di Industri Cryptocurrency Indonesia

Menurut laporan DappRadar, Indonesia memiliki salah satu tingkat adopsi cryptocurrency tertinggi ketiga di dunia, dengan peningkatan adopsi cryptocurrency sebesar 115,59%.

Sementara itu menurut unsyiahpress.id, Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) melaporkan per Januari-September 2022, transaksi cryptocurrency di Indonesia mencapai sekitar Rp266 triliun, di mana terdapat sekitar 16,1 juta pelanggan, 25 bursa, dan 383 cryptocurrency terdaftar di COVTRA. aset.

Pencapaian tersebut tentunya tidak lepas dari berbagai pihak yang terus optimis untuk membangun dan mempengaruhi industri kripto Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap isu ini, Coinvestasi memberikan penghargaan kepada 14 orang dari 12 perusahaan/perusahaan dengan penghargaan “Nomor Coinvestasi Paling Berpengaruh di Tahun 2022”.

“Daftar Orang Paling Berpengaruh Coinvestasi untuk tahun 2022 adalah daftar orang-orang yang tidak hanya selamat dari kondisi pasar yang sulit, tetapi juga berkontribusi positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri crypto dan web 3 Indonesia,” kata Managing Director Coinvestasi. Kurator tersebut merupakan adendum melalui keterangan pada Rabu (18/1/2023).

Dengan penghargaan ini, ia berharap dapat terus mendorong pelaku industri crypto dan Web3 dalam menciptakan inovasi dan membangun ekosistem industri yang sehat bagi pengguna, regulator, dan pelaku bisnis lainnya.

Di bawah ini adalah daftar tokoh-tokoh kripto yang telah memberikan kontribusi positif bagi industri kripto Indonesia di tahun 2022.

1. Jerry Sambuaga – Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia (2019-2024)

Jerry Sambuaga menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia periode 2019-2024. Selama masa jabatannya, banyak keputusan terkait aset kripto dibuat, seperti mendaftarkan 383 aset kripto legal di Indonesia, berencana mendirikan bursa kripto Indonesia, dan mengatur pajak kripto di Indonesia.

2. Tirta Karma Sanjaya – Kepala Balai Pengembangan Pasar Bappebti

Tirta Karma Sanjaya adalah Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bappebti. Ia menjadi ahli/pengajar literasi, seminar, workshop dan seminar hingga 53 kegiatan di berbagai kementerian/lembaga/universitas, dll, aktif mengedukasi tentang real trading aset kripto di Indonesia.

Tirta juga aktif terlibat dalam memberikan masukan dan arahan terhadap Peraturan Bappebti 11 Tahun 2022, yang menjelaskan tentang pembuatan daftar aset kripto yang akan diperdagangkan di pasar fisik aset kripto.

Selain itu, kami melakukan penelitian dan evaluasi serta berpartisipasi aktif dalam upaya dalam konteks pengembangan aset kripto Indonesia, seperti penelitian kebijakan terkait NFT, penilaian aset kripto (AHP), dan penelitian kebijakan ICO/ITO. Menciptakan ekosistem perdagangan aset kripto di Indonesia.

3. Asih Karnengsih – Presiden Asosiasi Blockchain Indonesia

Asih Karnengsih, Ketua ABI, sukses berperan dalam beberapa kebijakan penting terkait regulasi cryptocurrency di Indonesia.

Beberapa di antaranya terkait dengan masalah dan metode perpajakan aset kripto yang terkait dengan UU PPSK 2023, pengembangan amandemen Perba 8/2021 (Perba 13/2022 yang baru diterbitkan), pendekatan terhadap UU PPSK, dan membangun hubungan dengan blockchain internasional. . industri.

4. Oscar Dharmawan – CEO Indodax

CEO Indodax Oscar Darmawan adalah CEO dan pendiri Indodax, bursa cryptocurrency pertama di Indonesia. Oscar Darmawan memimpin Indodax dan mendorong adopsi aset kripto di Indonesia yang kini memiliki 5,6 juta pengguna.

Oscar telah berpartisipasi aktif dalam membahas masalah regulasi aset kripto di Indonesia dengan ABI. Ini juga secara eksplisit memberikan transparansi untuk aset kripto di dompet Indodax. Oscar Darmawan masuk dalam daftar Fortune Indonesia 40 Under 40.

5. Jeth Soetoyo – CEO PINTU

Jeth Soetoyo berhasil memperkenalkan platform cryptocurrency PINTU, mengumpulkan dana sebesar $113 juta.

Jeth adalah kontributor tepercaya dan mitra diskusi dengan regulator untuk memajukan industri melalui masalah regulasi, pajak, dan literasi crypto secara umum, anggota Komite Aset Crypto ABI dan anggota Asosiasi Dealer Aset Indonesia (ASPAKRINDO).

Melalui kepemimpinannya, Pintu telah membangun fondasi komunitas crypto yang kuat dan aplikasi PINTU telah diunduh lebih dari 6 juta kali.

PINTU juga membuat Pintu Academy, sebuah program yang dirancang untuk mengedukasi dan mengajarkan pedagang kripto pemula seluk beluk perdagangan, menyesuaikan pedagang dengan fundamental kripto, dan memahami cara berinvestasi dan mengelola risiko secara berkelanjutan.

6 dan 7. Kenneth d’Estien Talley dan Boddy – salah satu pendiri Sermorpheus

Bersama Sermorpheus, Kenneth dan Budi berhasil memperkenalkan dan mengimplementasikan penggunaan NFT dengan cara yang sederhana dan dekat dengan kehidupan sehari-hari melalui tiket konser NFT.

Ia juga terjun ke dunia perfilman dengan meluncurkan film NFT “Mencuri Raden Saleh” yang dapat dibeli dengan harga Rupiah.

8 dan 9. Rahmat Al-Bariqi dan Afiq Shofi Ramadan – Pendiri dan Co-Founder Paras

Rahmat dan Afiq membangun dan memimpin Paras, marketplace NFT pertama dan salah satu terbesar di Indonesia.

Dalam perjalanan itu, Paras mencapai tonggak sejarah dengan mengamankan volume perdagangan lebih dari $25 juta dan mengklaim gelar pasar NFT terbesar di Near Protocol.

10. Pemintal Saya Setiap Hari – Pembuat NFT

Ghazali adalah pembuat koleksi NFT “Ghozali Everyday”. Koleksi NFT miliknya telah terjual hingga Rp 1,5 miliar di OpenSea.

Dengan koleksi NFT, Ghozali berhasil menjadi ledakan NFT di Indonesia dan meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap NFT.

11. Irene Omar – salah satu pendiri YGG SEA

Irene adalah salah satu pendiri YGG SEA, yang bertujuan untuk menciptakan ekonomi bagi berbagai kelas sosial melalui permainan.

YGG SEA sudah memiliki lebih dari 15.000 peneliti di Asia Tenggara di 6 negara selama setahun. YGG SEA adalah asosiasi game dengan game blockchain yang paling banyak tersedia.

12 dan 13. Grady Edbert dan Jeffrey Jo (Jejouw) – Pendiri Karafuru

Grady dan Jeffrey telah membuat proyek NFT Indonesia yang memecahkan rekor dengan Karafuru, berhasil menangani transaksi senilai Rp 1 triliun.

Kesuksesan keduanya berkontribusi pada antusiasme publik terhadap NFT. Festival NFT offline pertama di Indonesia juga sukses digelar.

14. Marcus Lehmann Raharja – Chief Investment Officer, BRI Ventures

Dengan pengalaman lebih dari 8 tahun di dunia investasi, Markus Liman bertanggung jawab atas BRI Ventures untuk menemukan 12 proyek potensial blockchain dan Web3 serta startup yang memenuhi syarat untuk pendanaan melalui Program Akselerator Blockchain Tokocrypto Sembrani.

Selain nama-nama yang masuk dalam daftar angka paling berpengaruh Coinvestasi, Coinvestasi secara terhormat menyebut beberapa tokoh industri kripto yang berjasa dalam memacu pertumbuhan industri kripto di Indonesia. Ini terlihat seperti ini:

Selain nama-nama tersebut di atas, masih banyak pihak yang tidak masuk dalam daftar tentunya namun berperan dalam perkembangan cryptocurrency di Indonesia. Coinvestasi adalah tempat mereka terus membantu, membangun, dan mendukung industri crypto di Indonesia.