Seiring pertambahan usia, rambut yang hitam perlahan akan berubah menjadi keabuan dan akhirnya memutih. Rambut yang memutih ini biasanya disebut uban. Uban memang dianggap sebagai tanda penuaan, namun uban juga bisa muncul lebih cepat akibat faktor keturunan, memiliki penyakit autoimun yang merusak sel pewarna rambut, atau karena kekurangan vitamin tertentu.

Sering kali orang menutupi uban dengan mewarnai rambut, namun mewarnai rambut terus-menerus tentu akan melelahkan serta kurang baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mengatasi masalah ini dengan cara meningkatkan nutrisi dalam tubuh.

Berikut ini adalah 5 jenis makanan yang bisa meningkatkan nutrisi dan mencegah timbulnya uban di usia dini:

1. Sayuran hijau

Anda bisa mengonsumsi sayuran berwarna hijau pekat untuk mendapatkan asupan vitamin B penting. Kulit kepala mengandalkan vitamin B6 dan B12 untuk memproduksi sel darah merah yang akan mengangkut oksigen serta nutrisi. Warna rambut juga berkaitan dengan hormon dan vitamin B2 yang berperan penting dalam produksi hormon.

2. Cokelat

Tembaga sangat diperlukan untuk menghasilkan melanin (sumber warna rambut). Tubuh yang kekurangan tembaga bisa menyebabkan munculnya uban. Oleh karena itu, untuk mendapatkan asupan tembaga, Anda bisa mengonsumi cokelat, lentil, dan jamur.

3. Salmon

Salmon memang dikenal dengan kaya manfaat kesehatan, jadi tidak heran jika mengonsumsi salmon juga baik bagi kesehatan rambut. Selenium dalam salmon akan membantu produksi hormon yang penting bagi rambut. Proses ini juga membantu mineral memerangi radikal bebas yang bisa mengakibatkan timbulnya uban.

4. Buah berry

Buah-buahan jenis berry, terutama strawberry bisa meningkatkan asupan vitamin C yang membantu memproduksi kolagen. Kolagen ini biasa ditemukan dalam folikel rambut dan memerangi radikal bebas.

5. Almond

Anda bisa mengonsumsi almond untuk mendapatkan asupan vitamin E dan tembaga. Selain itu, almond juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selain menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, C, B12, asam folat, dan protein yang tinggi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut beruban dan mengembalikan pigmen rambut. Beberapa langkah tersebut, antara lain:

  1. Istirahat yang cukup;
  2. Hindari penggunaan sampo yang tidak sesuai;
  3. Hindari terlalu sering mencuci dan mengeringkan rambut dengan menggunakan pengering rambut;
  4. Berhenti merokok;
  5. Hindari stres.