Bulan puasa rasanya tidak akan lengkap tanpa menghabiskan sore untuk ngabuburit. Ngabuburit bisa dengan melakukan beberapa aktivitas sambil menunggu azan magrib menjelang waktu buka puasa. Sebagian orang mungkin akan ngabuburit dengan pergi ke mall, bekerja lembur, bermain atau sekedar tidur-tiduran di rumah. Anda ingin mencoba aktivitas ngabuburit yang beda dan mendatangkan manfaat kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini!

Berikut ini adalah beberapa aktivitas ngabuburit sehat yang bisa Anda coba:

1. Membaca

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di the Proceedings of the National Academy of Sciences, membaca buku dapat menurunkan risiko Alzheimer pada lansia.

Ketika bulan puasa, Anda bisa memperbanyak membaca kitab suci Al-quran. Sebuah studi yang dilakukan oleh Mazandaran University of Medical Sciences, Iran, dan dipublikasikan di Journal of Nursing Education and Practice menemukan bahwa, membaca Alquran terbukti efektif menurunkan stres, kecemasan dan risiko depresi. Selain itu, membaca Al-quran tentunya akan menambah pahala di bulan puasa.

2. Memasak makanan sehat

Menu wajib yang biasanya ada saat berbuka puasa, di antaranya kolak, es campur, atau gorengan. Menu tersebut dapat tersaji secara sehat dan lebih higienis jika Anda mencoba memasaknya sendiri di rumah. Sebelum mengolah menu tersebut, Anda dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu, serta pastikan peralatan masak yang digunakan juga dalam keadaan bersih. Kemudian, saat mengolah kolak atau es campur, pastikan tidak memasukkan gula terlalu banyak ke dalamnya. Sedangkan saat memproses gorengan, hindari menggoreng dengan menggunakan minyak terlalu banyak. Jika perlu, Anda bisa mengganti penggunaan minyak dengan olive oil.

3. Olahraga

Menjelang waktu berbuka adalah waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa. Namun jika merasa sangat lemas di waktu tersebut, Anda dapat berolahraga setelah berbuka. Jika Anda memutuskan untuk berolahraga setelah berbuka, Anda dianjurkan untuk memberikan jeda 1–2 jam setelah makan dengan olahraga intensitas ringan seperti jogging, berjalan kaki atau yoga.

4. Bersilaturahmi

Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dengan anggota keluarga dan kerabat lainnya. Bertemu teman masa kecil sambil bercerita dan bersenda gurau bisa menjadi salah satu aktivitas pilihan ngabuburit yang sehat. Hal tersebut karena memiliki teman akrab bisa berdampak baik untuk kesehatan Anda. Selain dapat mengusir rasa kesepian dan depresi, memiliki teman atau kerabat yang akrab juga bisa meningkatkan kebahagiaan, mengurangi stres, serta meningkatkan rasa percaya diri.

5. Berkebun

Berkebun bisa menjadi salah satu cara ngabuburit yang sehat, karena dapat menghilangkan stres dan membakar sejumlah kalori dari dalam tubuh. Salah satu aktivitas berkebun yang bisa Anda coba adalah memotong rumput di halaman rumah. Memotong rumput selama 1 jam dapat membakar 324 kalori dari dalam tubuh.

6. Spa

Menghabiskan waktu di spa selama beberapa jam bisa menjadi pilihan aktivitas ngabuburit di bulan puasa, karena bisa membuat relaks, nyaman, dan ketegangan otot berkurang. Apalagi, bila ditambah dengan wangi aromaterapi yang menenangkan. Selain itu, pijatan atau refleksi saat berada di spa juga bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak dan nyaman.