Lambung manusia setiap hari memproduksi asam yang disebut asam lambung dan makanan yang dimakan akan dicerna oleh asam ini. Asam lambung sangat diperlukan dalam proses pencernaan. Namun, asam lambung yang berlebih juga akan mengganggu kesehatan. Penyakit yang disebabkan oleh kelebihan asam lambung disebut maag.

Maag atau dyspepsia merupakan kumpulan gejala yang ditandai rasa tidak nyaman diperut akibat peningkatan asam lambung dan atau infeksi. Peningkatan asam lambung berhubungan dengan pola makan yang tidak teratur. Selain pola makan, maag juga berhubungan dengan infeksi kuman Helicobacter pylori, obat-obatan tertentu, meminum alkohol, dan stres.

“Lambung Anda susah menyesuaikan apabila pola makan Anda tidak teratur”

Jika anda merasakan gejala atau tanda seperti nyeri di ulu hati, mual, muntah, nafsu makan berkurang, mulut asam, sering bersendawa, rasa kembung dan begah Anda bisa dikatakan telah menderita sakit maag.

Maag sering dianggap penyakit ringan sehingga sering diabaikan. Padahal, maag dapat menyebabkan luka dan perdarahan pada lambung. Tidak sampai disitu, lambung Anda dapat bocor dan mengancam nyawa Anda.

“Memperbaiki pola makan yaitu makan pada waktunya, porsi kecil dengan frekuensi yang sering, menghindari makanan yang mengiritasi lambung seperti makan yang terlalu pedas, kopi, teh dan mengelolah stres dapat membantu mencegah dan memperbaiki gejala maag anda”

Anda yang telah mengalami sakit maag, keluhan anda dapat diatasi dengan menetralkan asam lambung dengan menggunakan obat penetral asam lambung, penghambat sekresi asam lambung ataupun kombinasi keduanya. Untuk memulai meminum obat anda sangat dianjurkan berkunjung ke dokter, minumlah obat sesuai dosis anjuran dokter.

“Segera datang ke dokter bila sakit maag anda disertai muntah hebat, BAB bewarna hitam dan encer, nyeri perut hebat, tidak bisa makan dan minum, dan penurunan kesadaran”