Tidak bersemangat saat akan beraktivitas di hari senin, mungkin Anda mengalami monday blues. Monday blues merupakan perasaan bosan dan tidak bersemangat yang dirasakan seseorang saat menjelang hari senin. Hal ini karena pada hari senin, umumnya orang akan kembali bekerja atau sekolah setelah libur.

Monday blues dapat disebabkan oleh tidak ketidaksiapan mental seseorang untuk kembali beraktivitas, karena terbayang tumpukan pekerjaan yang harus dikerjakan. Jika dibiarkan begitu saja, monday blues dapat membawa dampak negatif bagi tubuh, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, suasana perasaan yang mudah berubah, serta menurunkan produktivitas dalam bekerja. Oleh karena itu, segera atasi dengan beberapa cara di bawah ini!

Cara Mengatasi Monday Blues

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Monday blues, yaitu:

1. Tidur yang cukup

Akhir pekan bukan menjadi alasan untuk begadang dan tidak istirahat dengan cukup. Tidur yang cukup pada hari minggu merupakan hal yang sangat penting dilakukan, karena bisa membuat Anda lebih bersemangat di hari senin.

2. Buat daftar hal menyenangkan

Anda bisa membuat daftar hal menyenangkan dan membacanya di malam senin. Misalnya, kabar terbaru yang akan dibicarakan dengan rekan kerja, makanan enak yang akan dikonsumsi saat jam istirahat, atau perlengkapan kantor baru yang akan diletakkan di atas meja kerja. Hal tersebut bisa membuat Anda lebih bersemangat menghadapi aktivitas pada hari senin.

3. Olahraga teratur

Olahraga teratur selama 30 menit per hari, atau 150 menit per minggu, dapat bermanfaat untuk membuat suasana hati Anda menjadi baik dan mengurangi risiko stres. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan kadar hormon endorfin (hormon yang menimbulkan perasaan senang). Selain olahraga setiap hari, Anda bisa bersepeda, berenang, atau jogging bersama keluarga atau teman di akhir pekan, agar kegiatan olahraga bisa lebih menyenangkan.

4. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi berperan penting dalam mengatasi monday blues, mengurangi risiko depresi, dan membuat suasana hati menjadi baik. Beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan Anda untuk memperbaiki mood adalah alpukat, kacang-kacangan, tempe, yoghurt, dan dark chocolate.

Jika Anda telah melakukan cara-cara di atas namun masih merasakan monday blues, atau monday blues berlangsung berlarut-larut dan sudah dirasa mengganggu aktivitas Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai rekam medis digital dengan download Gratis E-Book Di sini!