Bagi Anda yang mengalami masalah atau gangguan kesehatan, sebaiknya jangan paksakan diri untuk berpuasa, apalagi jika dokter tidak menganjurkan. Kondisi ini bisa berdampak serius bagi kesehatan Anda. Beberapa bahaya puasa jika dipaksakan bagi kesehatan, yaitu:

  1. Malnutrisi. Jika Anda tidak kuat lagi melanjutkan ibadah puasa, maka sebaiknya jangan dipaksakan. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda mengalami malnutrisi yang menyebabkan kemampuan tubuh dapat menurun.
  2. Kelelahan. Anda bisa mengurangi aktivitas yang berat saat sedang berpuasa, karena aktivitas yang terlalu padat dan berat bisa menyebabkan Anda dehidrasi. Dehidrasi ini akan mengganggu metabolisme tubuh sehingga menyebabkan seseorang selalu merasa lelah.
  3. Ketidakseimbangan elektrolit. Kelaparan bisa membuat sejumlah nutrisi penting dalam tubuh hilang. Mineral yang dibutuhkan jantung untuk tetap sehat yaitu potassium, sodium, dan kalsium. Kekurangan sejumlah mineral ini menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.
  4. Memengaruhi otak. Kekurangan asupan dalam tubuh bisa membuat Anda mengalami dehidrasi dan kelaparan. Kondisi ini akan memengaruhi fungsi kerja otak sehingga konsentrasi dan fokus akan berkurang.

Makanan yang sehat untuk Sahur

Agar kuat menjalani ibadah puasa selama satu hari, sebaiknya jangan lewatkan waktu sahur. Mengonsumsi makanan ketika sahur akan menjadi asupan energi yang baik untuk menjalankan ibadah puasa selama satu hari. Perhatikan dengan baik asupan yang Anda konsumsi, pilihlah makanan yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda dapat menjalani ibadah puasa dengan baik.

Beberapa makanan yang baik dikonsumsi ketika sahur, yaitu:

  • Biji-bijian. Anda bisa mengonsumsi biji-bijian saat sahur. Selain sehat, konsumsi biji-bijian saat sahur juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena biji-bijian mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan protein dalam biji-bijian memiliki manfaat untuk memperbaiki jaringan pada tubuh, serta menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit ketika menjalani ibadah puasa.
  • Sayuran dan buah. Pastikan ada sayuran dan buah pada menu sahur Anda. Selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, sayuran dan buah juga mengandung serat yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Kandungan serat dalam sayur dan buah juga dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda. Namun, hindari buah yang memiliki rasa asam ketika sahur karena mengakibatkan penyakit maag.
  • Beras merah. Beras putih bisa Anda ganti dengan beras merah, karena dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, pengolahan karbohidrat menjadi energi membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga membuat tubuh bertahan tanpa asupan berjam-jam.
  • Daging. Mengonsumsi daging saat sahur sangat bermanfaat untuk tubuh, karena protein dalam daging dapat digunakan untuk proses metabolisme sehingga menghasilkan energi untuk tubuh Anda.