Hari libur sering kali dijadikan ajang untuk bermalas-malasan, termasuk bangun siang. Namun, tahukah Anda bahwa tidur terlalu lama bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Seseorang dapat dikatakan tidur terlalu lama jika waktu tidurnya lebih dari kebutuhan tidur ideal, sering kesulitan bangun, sering mengantuk saat beraktivitas, atau tetap merasa mengantuk setelah tidur siang. Jika hal tersebut terjadi terus menerus, maka Anda bisa mengalami beberapa masalah kesehatan.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang mungkin muncul jika Anda tidur terlalu lama:

  • Sakit kepala. Tidur terlalu lama dapat memengaruhi kerja senyawa kimia di otak, sehingga ketika Anda sering tidur terlalu lama akan membuat Anda mengalami sakit kepala pada keesokan harinya.
  • Obesitas.Berdasarkan penelitian, orang yang biasa tidur lebih lama (lebih dari 8 jam) pada malam hari cenderung akan mengalami obesitas dibandingkan orang dengan jam tidur yang normal. Hal ini juga dapat terjadi pada kondisi kurang tidur.
  • Diabetes. Tidur terlalu lama atau sebaliknya terlalu sedikit dapat berpengaruh pada peningkatan risiko diabetes. Hal tersebut dapat terjadi karena berdasarkan penelitian, orang yang sering tidur terlalu lama atau kurang tidur, lebih berisiko mengalami gangguan dalam pengaturan kadar gula darah.
  • Gangguan mental. Tidur terlalu lama lebih sering terjadi pada penderita depresi atau yang memiliki gangguan bipolar. Selain itu, tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan memori, kecemasan, dan mudah lelah.
  • Penyakit jantung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan tidur antara 9 sampai 11 jam setiap malam lebih berisiko terkena penyakit jantung dibandingkan wanita yang biasa tidur selama 8 jam setiap malam. Tidur terlalu lama bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang membuat seseorang yang sering tidur terlalu lama lebih rentan terkena penyakit.
  • Sakit punggung. Tidur terlalu lama dengan posisi telentang bisa menyebabkan sakit pada punggung. Dokter menyarankan agar mengurangi kelebihan jam tidur atau mulai membiasakan tidur secara teratur dengan jam tidur yang normal.

Pentingnya memperhatikan kualitas tidur

Manfaat tidur bisa didapatkan dengan memperbaiki kualitas tidur Anda. Namun, tidur yang berkualitas belum tentu lama. Sebaliknya, tidur yang terlalu lama juga belum tentu berkualitas. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas tidur Anda, sehingga Anda terhindar dari bahaya akibat tidur terlalu lama.

  • Membuat jadwal tidur;
  • Rutin berolahraga;
  • Hindari kafein dan alkohol;
  • Buat suasana kamar tidur yang nyaman;
  • Batasi jam tidur siang;
  • Tenangkan pikiran.

Jika Anda sering tidur terlalu lama dan mulai terasa terganggu dengan kebiasaan itu, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan jalan keluar untuk mengatasinya. Sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai bahaya tidur terlalu lama.