Tanda dan gejala demam berdarah sulit dibedakan dengan penyakit lain seperti malaria dan tifus, sehingga mendiagnosis demam berdarah tergolong sulit. Oleh karena itu, diperlukan beberapa tes laboratorium untuk mendeteksi bukti dari virus dengue ini.

Penderita demam berdarah kebanyakan pulih dalam waktu 2 minggu, sehingga tidak ada penanganan khusus untuk demam berdarah tersebut. Namun, sangat penting untuk tetap menangani gejala-gejalanya untuk mencegah infeksi virus semakin memburuk, yang dapat menyebabkan komflikasi. Pilihan pengobatan yang biasanya direkomendasikan dokter adalah

  • Istirahat yang cukup;
  • Minum banyak cairan;
  • Mengonsumsi obat penurun panas untuk meredakan demam seperti paracetamol;
  • Hindari penghilang rasa sakit seperti aspirin, karena dapat memperparah suatu perdarahan.
  • Bila diperlukan, penderita demam berdarah akan diberikan asupan cairan melalui infus. Pemberian cairan infus ini akan diimbangi dengan pemantauan detak jantung, denyut nadi, tekanan darah, dan jumlah urine yang keluar.

Selain pengobatan yang dianjurkan oleh dokter, berikut ini ada beberapa gaya hidup yang bisa dterapkan di rumah:

  1. Menjaga kebersihan tempat tinggal dan mengalirkan genangan air. Nyamuk yang membawa virus dengue biasanya berkembang biak di genangan-genangan air. Oleh karena itu, untuk mengurangi populasi nyamuk dapat dilakukan dengan mengurangi habitat perkembangbiakan nyamuk, yaitu dengan menjaga kebersihan dan mengalirkan air-air yang tergenang.
  2. Jadwalkan kegiatan di luar ruangan. Hindari berada di luar ruangan ketika sedang banyak nyamuk di luar seperti pada dini hari, senja, atau malam hari.
  3. Gunakanlah pakaian pelindung. Gunakan baju berlengan panjang, celana panjang, kaus kaki, dan sepatu apabila sedang berada di daerah yang banyak nyamuk.
  4. Gunakanlah penangkal nyamuk. Anda dapat menggunakan permethrin di pakaian, sepatu, dan alat kemah, atau dengan membeli pakaian yang mengandung permethin. Gunakan juga penangkal yang mengandung paling sedikit 10% konsentrasi DEET untuk kulit Anda.