Wanita terlihat lebih cantik dan berseri setelah bercinta, benarkah? Jika benar apa alasannya?

Bercinta atau berhubungan seks ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, dan salah satunya adalah kecantikan. Jadi tak heran jika setelah berhubungan seks, wanita akan terlihat lebih cantik dan berseri. Hal tersebut dapat terjadi karena berhubungan seks dapat merangsang hormon baik pada tubuh yang bermanfaat menjadikan kulit semakin sehat. Wanita yang berhubungan seks 3 kali dalam seminggu, rata-rata memiliki penampilan 3-4 tahun lebih muda dari usianya. Menurut pakar kulit yakni Dr. Joel Schlessinger, M.D., aktivitas seks membantu memperlancar peredaran darah sehingga aliran oksigen ke kulit dan organ tubuh lainnya akan meningkat, yang menjadikan kulit terlihat cerah dan bercahaya.

Berikut ini adalah manfaat bercinta terkait dengan kesehatan kulit:

  • Kulit bercahaya. Berhubungan seks akan meningkatkan sirkulasi darah, yang selanjutnya membantu memompa oksigen ke kulit sehingga membuatnya tampak lebih cerah.
  • Mengontrol jerawat. Berhubungan seks dapat mengurangi kadar hormon dan membuatnya seimbang, sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan rambut menjadi lebih sehat.
  • Mencegah penuaan. Ketika bercinta, produksi kolagen akan bertambah sehingga dapat mencegah munculnya bintik-bintik usia dan keriput.
  • Membersihkan pori-pori. Berkeringat selama berhubungan seks, menyebabkan wajah mendapatkan facial secara cuma-cuma. Keringat akan membersihkan kotoran, daki, dan sisa-sisa makeup dari dalam pori-pori, yang terlewat ketika anda membersihkan wajah.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari bercinta yaitu:

  • Obat antidepresi. Orgasme adalah obat antidepresi yang paling utama. Anda akan melepaskan zat serotonin dan DHEA pada puncak kenikmatan tersebut. Nah, hormon serotonin ini adalah neurotransmitter yang mengatur suasana hati dan bertugas membuat Anda merasa lebih bahagia dan penuh harapan. Sedangkan zat DHEA memiliki efek antidepresan dan kekebalan tubuh.
  • Mengurangi stres. Berhubungan seks dapat mengurangi stres, karena ketika berhubungan seks tubuh wanita akan melepaskan hormon oksitosin pada saat orgasme. Oksitosin bermanfaat untuk menghapuskan kortisol (hormon stres utama) di dalam tubuh. Wanita akan lebih mudah mengurangi gejala stres pada dirinya dengan rutin berhubungan seks.
  • Membuat perut lebih rata dan indah. Hormon oksitosin yang keluar saat seks, akan membuat kortisol pada tubuh menurun. Hormon kortisol ini adalah yang membuat lemak bertumpuk pada perut. Anda bisa konsisten menjaga dan menurunkan berat badan hanya dengan berhubungan seks.
  • Meningkatkan kepercayaan diri. Ketika berhubungan seks, Anda akan menemukan keselarasan diri sendiri dengan dunia di sekitar. Anda juga akan lebih menuju ke arah yang lebih positif, sehingga tidak jarang jika manfaat percaya diri akan didapatkan usai berhubungan seks.
  • Membuat rambut lebih indah. Bercinta membuat folikel rambut menerima aliran sirkulasi darah ke kepala. Hal tersebut merupakan salah satu cara alami untuk mendapatkan kebaikan dan kesehatan nutrisi rambut wanita, sehingga rambut akan terlihat lebih kuat dan lembab.