Masalah yang biasanya terjadi saat puasa adalah bibir kering dan pecah-pecah. Bibir pecah-pecah saat puasa tentunya karena tidak mengonsumsi air selama belasan jam. Oleh karena itu, untuk mengatasi bibir pecah-pecah, Anda perlu mengetahui beberapa tips. Beberapa tips tersebut, antara lain:

1. Banyak minum air putih

Perbanyak konsumsi air putih saat sahur atau berbuka. Jangan terlalu sering minum kopi atau teh, karena dapat membuat kelembapan bibir berkurang. Ketika berbuka, selingi aktivitas Anda dengan minum seteguk demi seteguk air putih. Jika rutin mengaplikasikannya, maka Anda dapat mengatasi bibir pecah-pecah, serta mampu mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Scrubbing

Anda dapat melakukan ritual lip scrubbing setidaknya 1-2 kali seminggu sebelum tidur. Hal tersebut hanya memerlukan madu dan gula. Kedua bahan ini kemudian dicampurkan dan diusapkan ke bibir sambil digosok perlahan, lalu diamkan 2-3 menit. Setelah itu, usap bibir yang sudah di-scrub dengan lap hangat, kemudian baru dicuci dengan air biasa. Ritual ini akan mengangkat sel-sel mati pada bibir, sehingga membuat bibir lebih kenyal dan lembut. Jangan lupa untuk mengaplikasikan li balm sebagai finishing, agar kelembapan bibir tetap terjaga sepanjang malam, bahkan hingga keesokan harinya.

3. Hindari makanan asin dan pedas

Cara lain mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan menghindari makanan yang asin dan pedas saat sahur, karena makanan ini hanya akan memberikan efek cepat haus, serta membuat bibir dan kerongkongan terasa panas dan kering.

4. Lidah buaya

Salah satu cara untuk mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan mengaplikasikan lidah buaya saat malam hari. Caranya sederhana, Anda cukup mengoleskan daging lidah buaya ke bibir dan biarkan sampai semalaman. Jika bibir kering dan pecah-pecah cukup parah sampai menyebabkan luka, maka lidah buaya juga bisa menyembuhkan luka pada bibir tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lainnya dari lidah buaya dengan mengonsumsinya. Mengonsumsi lidah buaya bermanfaat untuk mendinginkan pencernaan dan meredakan nyeri otot.

5. Lip balm

Supaya bibir tetap terhidrasi seharian, sebaiknya Anda mengantongi lip balm dan mengaplikasikannya setiap kali bibir terasa kering dan pecah-pecah. Pilihlah lip balm yang netral supaya tidak bikin lapar. Jika lip balm Anda berasa buah-buahan atau malah cokelat, takutnya Anda akan tergoda untuk batal dan mengganggu konsentrasi seharian.

Selain cara-cara di atas, ada beberapa hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan ini lebih menyangkut pada kebiasaan. Jangan sering menggigit-gigit atau menjilat bibir karena hanya akan membuat kondisi bibir kering Anda semakin parah. Saat bulan puasa, Anda bisa mencoba mengganti tipe lipstick dengan menghindari jenis matte, karena lipstick matte cenderung membuat bibir kering dan kehilangan kelembapannya.

Bibir kering memang menjadi masalah saat menjalani puasa. Menjaga asupan cairan tubuh selama bulan puasa dapat membantu bibir tetap lembap, dan jangan lupa untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan vitamin C, serta hindari makanan gorengan dan yang mengandung santan.