Cokelat bisa bikin gemuk? Ini adalah pertanyaan yang sering kali terdengar di kalangan remaja hingga orang dewasa. Banyak orang yang menganggap bahwa mengonsumsi cokelat dapat menyebabkan kegemukan, sehingga takut untuk mengonsumsinya. Padahal, tidak semua cokelat memiliki kadar gula dan kalori yang tinggi, itu artinya tidak semua cokelat menyebabkan kegemukan lho!

Selain itu, jumlah cokelat yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Jika mengonsumsi cokelat yang tinggi kalori, gula, dan lemak dalam jumlah yang banyak mungkin akan menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak (sedikit) itu ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Salah satu jenis cokelat yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Hal ini karena cokelat hitam kaya akan polifenol (semakin gelap cokelat, maka akan semakin baik untuk dikonsumsi karena persentase polifenol yang lebih tinggi). Polifenol tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi dari penyakit serius seperti penyakit jantung, dan kanker.

Dark chocolate juga mengandung cocoa yang lebih tinggi dan kandungan gula yang rendah (hampir tidak ada). 1 ons dark chocolate mengandung 136 kal atau 6% dari kebutuhan kalori per hari. Zat lainnya juga terkandung dalam cokelat seperti caffeine, theobromine, methylxanthine dan phenylethylallanine yang berfungsi mengontrol stres kortisol (pemicu stres). Theobromine dan caffein juga memberikan energi bagi tubuh.

Beberapa fakta cokelat yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Karbohidrat yang dibentuk oleh senyawa kimia dalam cokelat menghasilkan serotonin, yang dapat membantu stimulasi otak, sehingga akan  merasa santai dan tenang.
  • Mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
  • Mampu mendukung pertumbuhan tulang dan proses penyembuhan.
  • Mampu menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat).
  • Senyawa theobromine dapat mencegah atau mengobati batuk.
  • Mampu mencegah stroke.
  • Mampu mencegah tekanan darah tinggi.

Faktanya, tidak ada makanan yang dapat menyebabkan kegemukan, semuanya tergantung pada jumlah yang dikonsumsi. Hal inilah yang memberikan kontribusi terhadap kegemukan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi nutrisi yang tepat, termasuk asupan gula yang terbatas, serta diimbangi dengan aktivitas fisik yang memadai. Jika ingin mengonsumsi cokelat, maka konsumsilah satu kotak kecil cokelat hitam beberapa kali dalam seminggu, serta tak lupa untuk tetap memperhatikan gula, lemak, dan kalori yang ditambahkan.