Salah satu cara untuk mencegah kehamilan adalah dengan minum pil KB. Namun, bagaimana jika pria yang minum pil KB tersebut? Apa efeknya?

Pil KB mengandung hormon progesteron dan estrogen. Ketika diminum dalam bentuk pil KB, maka hormon-hormon tersebut akan memengaruhi siklus menstruasi wanita dan mencegah kehamilan. Sebenarnya, pria juga memiliki hormon estrogen dan progesteron, namun diproduksi dalam jumlah yang sedikit. Hormon esterogen pada pria berperan untuk membantu proses pematangan sperma, sedangkan progesteron dibutuhkan untuk merangsang pembentukan hormon testosteron.

Efek yang muncul akibat pria minum pil KB wanita

Jika seorang pria hanya minum satu atau dua pil KB, kecil kemungkinan menimbulkan efek pada tubuhnya. Akan tetapi, jika pria minum pil KB secara teratur dan dalam jangka waktu yang lama, maka ada berbagai efek samping yang bisa saja terjadi.

Kadar progesteron dan esterogen berlebih dalam tubuh pria dapat memengaruhi fungsi dan penampilan fisik organ seks, termasuk produksi jumlah sperma terlalu sedikit, penurunan gairah seks, disfungsi ereksi, dan ukuran testis yang menyusut. Bahkan beberapa pria juga dapat mengalami pembesaran payudara atau yang dikenal sebagai ginekomastia.

Pria yang mengonsumsi pil KB secara berkelanjutan juga bisa menekan produksi testosteron. Kekurangan testosteron ini dapat memberikan dampak yang serius pada tubuh dalam jangka panjang. Pria dengan testosteron yang sangat rendah memiliki tulang yang lemah dan rapuh sehingga berisiko mengalami osteoporosis dini. Selain itu, kadar testosteron yang rendah juga dapat mengurangi massa otot di kaki, dada, dan lengan, serta mengurangi pertumbuhan rambut halus. Hal ini membuat penampilan fisik pria menjadi lebih feminin, bahkan dapat membuat watak pria jadi lebih sensitif.

Pria yang minum pil KB wanita juga memiliki risiko tinggi mengalami pengggumpalan darah terkait hormon, terutama pada pria yang merokok. Selain itu, berisiko tinggi juga terkena penyakit hati dan kantong empedu.

Pria yang minum pil KB secara sembarangan tanpa pengawasan dari dokter, dapat berisiko mengalami gangguan sistem reproduksi dan gangguan fisik tubuh. Oleh karena itu, jika Anda pria yang memiliki keinginan untuk minum pil KB wanita, sebaiknya pikirkan baik-baik sebelum melakukannya. Pastikan Anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk keamanan dan keselamatan Anda.