Mendaftar BPJS Kesehatan sekarang tidak perlu harus datang mengantre ke kantor BPJS lagi lho! Anda bisa dengan mudah mendaftar langsung di handphone atau di depan layar komputer dengan melalui layanan baru BPJS Kesehatan online. Lalu, bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan online tersebut? Simak caranya berikut ini

Cara daftar BPJS Kesehatan online

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengantre di kantor BPJS Kesehatan, mendaftar jalur online bisa menjadi pilihan yang tepat. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial telah menyediakan layanan daftar lewat online, sehingga lebih memudahkan Anda. Namun, Anda harus mempunyai akun e-mail dan nomor ponsel yang aktif agar bisa dihubungi. Anda juga perlu menyiapkan beberapa berkas pribadi.

Persiapkan berkas yang diperlukan dan perangkat yang akan digunakan, baik itu komputer atau ponsel Anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah cara mendaftar BPJS jalur online berikut ini:

  1. Akses halaman website BPJS kesehatan dengan perangkat elektronik yang Anda gunakan.
  2. Isi data diri yang terlampir pada halaman website sesuai dengan berkas data yang Anda miliki dengan benar.
  3. Pilih kelas kesehatan sesuai keinginan Anda, tersedia  kelas I, II, III dengan iuran perbulan yang berbeda-beda.
  4. Simpan data dan tunggu balasan registrasi pada email Anda. Anda akan mendapatkan lampiran berupa nomor virtual account, cetak lampiran tersebut.
  5. Lakukan pembayaran iuran lewat bank atau kantor pos dengan memberikan lampiran virtual account yang sudah Anda, cetak kepada petugas untuk mendapatkan bukti pembayaran.
  6. Jika Anda sudah terdaftar menjadi peserta BPJS, silahkan cek kembali email Anda untuk mendapatkan kartu BPJS elektronik yang bisa Anda cetak sendiri.

Anda juga bisa mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat ke bagian pencetakan kartu untuk pengambilan kartu ID Anda. Berikan berkas Anda, seperti form pendaftaran, nomor virtual account, serta bukti pembayaran kepada petugas.

Cara Pindah faskes pakai BPJS Kesehatan online

Faskes yang sudah Anda pilih terkadang tidak cocok dengan kondisi Anda, misalnya faskes pilihan pertama letaknya terlalu jauh dari rumah. Oleh karena itu, Anda bisa mengubahnya, namun harus berhati-hati, karena perubahan faskes hanya bisa dilakukan satu kali.

Berikut ini adalah beberapa tahapan pindah faskes BPJS Kesehatan via online atau aplikasi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional):

  1. Unduh atau download aplikasi mobile JKN di ponsel Anda
  2. Lakukan pendaftaran dengan memasukkan beberapa data pribadi, seperti nomor kartu BPJS Kesehatan, nomor KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, password akun BPJS Kesehatan online, e-mail, dan nomor ponsel.
  3. Masuk atau login dengan menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan atau e-mail yang sudah didaftarkan.
  4. Pilih menu “Ubah Data Peserta”. Beberapa data yang dapat diubah secara online, yaitu nomor, e-mail, kelas BPJS Kesehatan, dan faskes 1 (hanya bisa berlaku 1 kali perubahan).
  5. Jika faskes perubahan sudah Anda pilih, maka otomatis akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email atau nomor ponsel yang telah terdaftar.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai bisnis klinik, kerja sama klinik dengan BPJS, serta beberapa tips lainnya dengan download Gratis E-Book Di sini!