Jika Anda memiliki kebiasaan melakukan jalan cepat sekali atau dua kali dalam seminggu, maka kebiasaan tersebut harus tetap Anda teruskan. Hal ini karena ternyata dengan melakukan jalan cepat sekali dalam seminggu dapat menurunkan risiko kematian lho! Simak ulasannya

Jalan cepat merupakan aktivitas berjalan yang cukup cepat, namun berbeda dengan belari. Dikatakan jalan cepat jika jarak satu kilometer dapat ditempuh dalam waktu setidaknya 12 menit. Jalan cepat ini memiliki manfaat bagi tubuh jika dilakukan secara rutin. Salah satu manfaatnya bahkan dapat mengurangi risiko kematian.

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa, dengan melakukan jalan cepat sekali atau dua kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat berbagai penyakit, di antaranya adalah serangan jantung, stroke atau kanker. Namun seperti yang kita ketahui, bahwa tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk melakukan hal tersebut. Kebanyakan orang lebih suka melakukan kegiatan memompa jantung dan mempercepat denyut jantung yang lebih hemat waktu, seperti bersepeda, lari, dan olahraga kompetitif.

Berdasarkan laporan dari para peneliti dalam jurnal British Journal of Sports Medicine, juga menyatakan bahwa orang yang berjalan kaki atau berkebun selama 10 menit hingga satu jam setiap minggunya memiliki risiko kematian 18% lebih rendah dari penyebab penyakit apa pun dibandingkan dengan orang yang malas bergerak.

Salah satu alasan jalan cepat dapat menurunkan risiko kematian adalah karena berbagai manfaat yang akan didapatkan. Berbagai manfaat tersebut, di antaranya:

  • Memperbaiki suasana hati;
  • Menurunkan risiko demensia;
  • Menjaga kesehatan jantung;
  • Mencegah atau mengontrol diabetes;
  • Mencegah osteoarthritis;
  • Mengurangi risiko kanker.

Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini agar jalan cepat Anda tetap aman atau meminimalkan risiko cedera:

  • Pilih sepatu dan pakaian yang tepat;
  • Pilih rute jalan yang aman dan nyaman;
  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu;
  • Pendinginan, misalnya jalan santai selama 5-10 menit;
  • Peregangan.

Jalan cepat ini kegiatan yang murah dan mudah dilakukan, serta minim risiko jika dilakukan dengan tepat. Sehingga sangat sayang jika Anda lewatkan, apalagi dengan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan. Namun, Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter jika memiliki kondisi gangguan kesehatan tertentu, agar kegiatan ini tetap bisa berimplikasi positif terhadap tubuh.