Kekuatan terbaik sebuah klinik adalah kualitas pelayanan. Hal ini karena pelayanan menjadi acuan dalam persaingan antar klinik. Nah, untuk mencapai pelayanan yang maksimal tersebut, pengelolaan klinik menjadi faktor penting untuk meningkatkannya. Jika klinik tidak terkelola dengan baik, maka inilah yang akan terjadi:

1. Pelayanan yang lambat

Jika klinik tidak terkelola dengan baik tentu pemrosesan informasi akan memakan banyak waktu. Ini akan berimbas pada antrian pasien yang menunggu untuk konsultasi. Pemrosesan manual yang memakan waktu lama akan membatasi jumlah pasien yang dapat dilayani.

2. Rekam medis hilang atau rusak

Kesalahan pengelolaan informasi penting, seperti rekam medis adalah hal yang paling memalukan. Jika rekam medis hilang atau rusak karena bencana tentu masih bisa dimaafkan, meskipun begitu klinik tetap wajib mesinkronkan rekam medis pasiennya karena informasi tersebut harus dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Namun tidak perlu khawatir, kini telah hadir inovasi rekam medis elektronik yang aman dan terenkripsi serta dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi mobile Artria EMR.

3. Duplikasi data

Jika sebuah klinik tidak terkelola dengan baik, tentu mereka tidak bisa membedakan antara pasien lama dan pasien baru, terlebih jika pasien tidak membawa atau memiliki Kartu Identitas Berobat (KIB). Petugas klinik akan mencatatnya sebagai pasien baru dan pada akhirnya jika tidak segera diatasi, maka akan terjadi ketidaksambungan informasi medis, sehingga menyebabkan salah diagnosa penyakit.

4. Stock obat tidak terawasi

Jika klinik Anda tidak terkelola dengan baik, maka stock obat tidak terawasi dan tak terkendali. Banyak hal buruk yang akan terjadi jika stock obat tersebut tidak terkendali, diantaranya :

  • Jumlah obat tidak sesuai dengan yang tercatat di pendataan, sehingga Anda pasti akan mencurigai staff klinik.
  • Stock obat susah ditemukan, sehingga pasien harus pergi ke apotik untuk memenuhi resep.
  • Stock obat menumpuk dan akhirnya menjadi kadaluarsa.
  • Terjadi ketidaksinkronan antara jumlah pemesanan stock dan jumlah stock yang masih ada. Sehingga stock obat di klinik bisa menjadi kelebihan atau kekurangan.

5. Sulit mengendalikan SDM

Kualitas pelayanan tidak terlepas dari kinerja tenaga kesehatan, seperti staff dokter, perawat, serta apoteker dan admisi klinik. Jika klinik Anda tidak terkelola dengan baik, maka tentu semua tenaga akan kewalahan dalam mengurus klinik, dan tidak semua kinerja terkendalikan. Alhasil, klinik Anda tidak bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pasien.

Mengelola klinik memang tidak gampang, banyak komponen yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar bisa memberikan pelayanan prima bagi pasien. Oleh karena itu, klinik Anda membutuhkan sistem manajemen klinik untuk membantu mengelola klinik Anda, terutama dalam hal administrasi dan pengolahan data pasien (EMR). Sistem manajemen klinik ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk Artria. Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai bisnis klinik, kerja sama klinik dengan BPJS, serta beberapa tips lainnya dengan download Gratis E-Book Di sini!