Meskipun jerawat bukan masalah kesehatan yang serius, tapi jerawat yang sering muncul bisa mengganggu kenyamanan dan membuat tidak percaya diri, terutama bila sudah parah. Agar jerawat tersebut tidak semakin parah dan bisa menghilang dengan cepat secara alami, ada beberapa makanan yang mesti dihindari saat jerawatan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat jerawatan:

1. Makanan pedas

Bagi orang yang suka makanan pedas, makan tanpa tambahan cabai atau sambal itu rasanya seperti sayur kurang garam, kurang nikmat. Tapi, ternyata makanan pedas bisa menaikkan sirkulasi darah ke wajah, lho. Hal ini terbukti setiap kali Anda menyantap makanan pedas, wajah Anda biasanya akan memerah. Nah, jerawat juga bisa muncul karena hal tersebut. Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan yang menjadi salah satu munculnya jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari dulu mengonsumsi makanan pedas saat jerawatan,

2. Makanan olahan atau cepat saji

Bagi Anda yang hobi mengonsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut saat sedang jerawatan. Sebab, makanan cepat saji atau olahan dapat menyebabkan peradangan pada jerawat. Selain itu, makanan olahan juga mengandung gula dan lemak yang sangat tinggi, sehingga dapat menyebabkan diabetes dan obesitas. Sedangkan makanan dalam kemasan biasanya mengandung perasa, zat adiktif, bahan pengawet, dan bahan kimia lainnya, di mana semua kandungan tersebut bisa memicu reaksi alergi dan peradangan pada jerawat.

3. Makanan mengandung gluten

Makanan yang mengandung gluten bisa mengakibatkan masalah pencernaan dan peradangan. Kandungan gluten ini biasanya ditemukan pada makanan, seperti pasta dan sereal. Jika pencernaan terganggu akibat gluten ini, maka kulit juga akan lebih mudah muncul jerawat. Jadi, salah satu cara agar jerawat Anda tidak bertambah parah adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gluten tinggi.

4. Permen dan cokelat

Banyak mengonsumsi gula dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, kondisi ini bisa memicu meningkatnya kadar hormon penyebab jerawat. Selain itu, gula juga dapat merusak kolagen dan serat elastin pada kulit, sehingga bisa membuat kulit mengering, serta menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk di pori-pori. Kondisi ini adalah penyebab utama munculnya jerawat. Oleh karena itu, hindari camilan manis, seperti permen, gula-gula, dan cokelat.

Jika ingin camilan yang manis, Anda bisa beralih mengonsumsi buah sebagai kudapan. Buah kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kulit. 

5. Minuman bersoda

Minuman bersoda juga wajib Anda hindari apabila sedang jerawatan. Selain mengandung gula yang tinggi, minuman bersoda juga mengandung aspartam yang bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh dan menurunkan pH. Akibatnya, jerawat akan lebih mudah muncul dan bisa bertambah parah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperbanyak minum air putih daripada minuman bersoda. Mengonsumsi minimal 8 gelas dalam sehari dapat membantu meregenerasi kulit. Dengan demikian, jerawat bisa lebih cepat sembuh dan bekasnya bisa menghilang dengan cepat.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai bisnis klinik beserta beberapa tips lainnya dengan download Gratis E-Book Di sini!