Daun katuk merupakan salah satu jenis tanaman herbal atau biasanya dijadikan sayur di kawasan Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Daun katuk di Indonesia dipercaya dapat melancarkan produksi ASI pada wanita menyusui. Tidak hanya itu, daun katuk juga dikatakan memiliki khasiat lainnya, karena memiliki kandungan seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin (A, B, dan C), serta karbohidrat dan serat.

Berikut ini adalah manfaat daun katuk untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan mata

Daun katuk bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sekaligus mencegah terjadinya penyakit mata. Hal ini dipercaya karena daun katuk mengandung cukup banyak vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

2. Membuat kulit lebih cerah

Manfaat daun katuk lainnya adalah untuk kulit, terutama jika Anda tengah hamil saat mengonsumsinya. Mengonsumsi daun katuk secara teratur bisa membuat kulit terlihat lebih cerah, lembut, dan halus. Kulit kepala dan rambut juga akan menjadi lebih sehat dan lembut. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kulit dan rambut Anda

3. Meningkatkan kualitas sperma

Khusus untuk pria, mengonsumsi daun katuk secara teratur dipercaya dapat membangkitkan gairah seksual, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi sperma. Hal ini dipercaya karena kandungan fitokimia di dalam daun katuk tersebut.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat daun katuk berikutnya adalah memperkuat tulang dan gigi. Hal ini karena daun katuk memiliki kandungan kalsium yang berperan penting dalam mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Oleh karena itu, daun katuk dipercaya dapat mencegah osteoporosis dan penyakit lainnya terkait dengan kesehatan tulang.

5. Menjaga berat badan

Selain kesehatan tulang, daun katuk juga dipercaya dapat menurunkan serta menjaga berat badan Anda hingga ideal. Hal ini karena daun katuk mengandung protein dan serat yang bisa membantu diet Anda.

6. Membantu penyembuhan penyakit diabetes

Salah satu yang bisa memicu diabetes adalah obesitas. Nah, daun katuk ini dipercaya dapat membantu Anda dalam menjalani diet sehat dan menurunkan berta badan. Alhasil, banyak penderita diabetes yang meyakini bahwa daun katuk sebagai salah satu pengobatan alternatif .

7. Obat flu dan demam

Daun katuk juga dipercaya mampu mengobati penyakit flu dan demam. Masyarakat di beberapa wilayah secara tradisional percaya bahwa ramuan akar dan daun katuk bisa menurunkan panas dan menyembuhkan influenza. Hal ini karena kandungan zat besi pada daun katuk yang cukup tinggi untuk meredakan gejalanya, seperti anemia. Daun katuk juga mengandung ephedrine, yaitu suatu kandungan yang baik untuk pasien sakit flu.

8. Tidur lebih nyenyak

Daun katuk dipercaya dapat menyembuhkan ngorok atau mendengkur saat tidur. Tidak hanya itu, ramuan daun katuk juga dikatakan dapat menghentikan kebiasaan menggeretakan gigi saat tengah terlelap. Hal ini tentu bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

9. Menjaga kesehatan tubuh

Secara keseluruhan, daun katuk ini sebagai tanaman herbal memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena daun katuk mengandung berbagai kandungan vitamin (A, B, C, dan K) serta berbagai macam mineral yang bisa memperkuat sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Selain memperkuat sistem imun, kandungan yang terdapat dalam daun katuk juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit, seperti demam, maag, dan flu.

Meskipun daun katuk memiliki banyak manfaat, namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsi daun katuk secara berlebihan. Konsumsi daun katuk secara berlebihan dilaporkan dapat membuat sakit kepala dan pusing.