Olahraga dapat memberikan beragam manfaat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Olahraga akan memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan, namun olahraga sering kali diabaikan sehingga menimbulkan beragam keluhan kesehatan. Meskipun demikian, tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga.

Berbagai manfaat olahraga bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  • Mencegah penyakit jantung dan stroke. Rutin berolahraga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, karena olahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.
  • Mencegah obesitas. Aktivitas fisik yang teratur mampu mengurangi lemak tubuh, membangun massa otot, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Jika disertai dengan asupan nutrisi yang tepat, maka olahraga dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas.
  • Mencegah nyeri punggung. Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu Anda terhindar dari nyeri punggung
  • Mengendalikan diabetes. Olahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh, sehingga bisa mencegah dan mengendalikan diabetes tipe 2.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah bisa turun dengan berkurangnya lemak tubuh.
  • Menunda keterbatasan fisik saat usia tua. Olahraga, seperti berlari atau latihan aerobik lainnya, telah terbukti dapat menunda keterbatasan fisik pada orang lanjut usia.
  • Menekan risiko osteoporosis. Olahraga teratur dengan mengangkat beban dapat membantu proses pembentukan tulang, sehingga terhindari dari berbagai gangguan pada tulang seiring pertambahan usia, seperti osteoporosis.

Selain meningkatkan kesehatan fisik, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup, seperti:

  • Memperbaiki suasana hati. Berjalan cepat selama 30 menit atau berlatih di pusat kebugaran bisa membantu memperbaiki suasana hati Anda, karena olahraga dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang bisa menimbulkan perasaan lebih bahagia dan santai.
  • Mengatasi stres. Penelitian terhadap efek psikologis dari olahraga mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan dalam mengatasi stres.
  • Menumbuhkan kepercayaan diri. Olahraga teratur juga bisa menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi terhadap penampilan Anda.
  • Tidur lebih nyenyak. Olahraga teratur bisa membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun, hindari melakukan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.
  • Mengembalikan gairah seksual. Mulai rutin berolahraga bisa mendorong semangat sekaligus mendapatkan tampilan tubuh yang lebih baik. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan gairah seksual pada wanita dan menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria.
  • Menikmati waktu luang yang menyenangkan. Olahraga dan aktivitas fisik adalah salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang yang menyenangkan, serta dapat membantu mempererat hubungan dengan keluarga dan teman saat melakukannya secara bersama-sama.