Salat tarawih merupakan salah satu ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan, tergolong ke dalam salat malam dan dianjurkan untuk berjamaah. Tidak hanya mendatangkan pahala bagi yang melaksanakannya, salat tarawih juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah sepuluh manfaat salat tarawih bagi kesehatan:

1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Salat tarawih menghasilkan efek fisiologis yang sama seperti saat melakukan olahraga ringan seperti jogging atau berjalan. Berdasarkan penelitian, dengan membakar 2000 kkal per minggu, Anda akan mempunyai angka kematian seperempat hingga sepertiga kali lebih rendah daripada yang sedikit atau tidak berolahraga sama sekali.

2. Menyehatkan tulang dan persendian

Shalat tarawih adalah salah satu shalat dengan jumlah rakaat yang cukup banyak. Oleh karena itu, jika Anda melaksanakan salat tarawih secara rutin, maka gerakan-gerakan salat tersebut mampu menyehatkan tulang dan persendian.

3. Menurunkan kadar gula darah

Kecenderungan mengonsumsi makanan manis saat berbuka bisa menyebabkan peningkatan gula darah dalam tubuh dan mengakibatkan penyakit diabetes. Namun, dengan salat tarawih Anda bisa menurunkan kadar gula darah setelah berbuka puasa.

4. Membakar Kalori

Rutin melaksanakan salat tarawih dapat membakar kalori tanpa meningkatkan nafsu makan. Asupan makanan yang terbatas ketika sahur dan buka puasa yang disertai dengan salat tarawih akan membantu mengurangi berat badan.

5. Meningkatkan fungsi otak

Rutin melaksanakan salat tarawih bisa meningkatkan peredaran darah ke otak dan menjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan otak, sehingga otak bisa bekerja secara optimal. Hal ini akan membantu meningkatkan konsentrasi, terutama saat bekerja meskipun kamu sedang berpuasa.

6. Meningkatkan mood

Salat tarawih bisa menjadi salah satu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan mood, serta menghilangkan stres. Ketika salat tarawih tubuh terutama otak akan melepaskan senyawa endorpin. Senyawa ini bisa meningkatkan perasaan nyaman dan membuat mood menjadi baik.

7. Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, melakukan gerakan salat tarawih secara rutin bisa menjaga keseimbangan detak jantung dan membuat Anda merasa nyaman. Bahkan bisa dikatakan bahwa salat tarawih memiliki efek yang sama dengan latihan kardio atau senam jantung.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh lansia

Seiring pertambahan usia, aktivitas yang dilakukan seseorang akan semakin terbatas karena tulang menjadi semakin tipis, dan memiliki risiko osteoporosis yang makin tinggi. Gerakan berulang serta teratur selama salat tarawih, akan memberikan kekuatan fleksibilitas pada sendi, otot, tendon, serta meningkatkan respon kardiovaskular, sehingga membuat daya tahan orang lanjut usia akan meningkat.

9. Meningkatkan stamina

Salah satu hal yang diinginkan setiap orang, terutama yang berpuasa dibulan ramadan adalah memiliki stamina yang prima. Selain berolahraga, ternyata salat tarawih juga dapat meningkatkan stamina dan membuat Anda tidak cepat lelah dan mengantuk di siang hari.

10. Menghilangkan stres

Menjalankan salat tarawih secara rutin bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan stres dan tekanan yang dialami sepanjang hari, terutama saat lelah dan stres karena pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan saat melaksanakan shalat tarawih tubuh akan melepasakan beberapa senyawa kimia yang berfungsi untuk meredakan stres.