Sebenarnya ada banyak sekali menu sarapan, mulai dari roti, nasi goreng, hingga berupa nasi dan lauk-pauknya. Selain itu, ada menu sarapan lain yang bisa Anda jadikan pilihan. Menu tersebut adalah bubur kacang hijau, di mana tidak hanya mengenyangkan, kacang hijau juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Berbagai manfaat dari sarapan bubur kacang hijau

Kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan protein, kalsium, dan fosfor. Berbagai kandungan ini tentunya sangat baik bagi otot dan tulang. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada bubur kacang hijau juga bisa membuat perut kenyang dan tubuh berenergi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari sarapan bubur kacang hijau:

1. Baik untuk program diet

Jika Anda mengonsumsi satu mangkuk kecil bubur kacang hijau tanpa tambahan gula, maka Anda bisa mendapatkan 30 kalori dan 2 gram serat. Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa kenyang, dan dengan kalori yang tidak berlebihan. Keberadaan serat pada bubur kacang hijau juga bisa membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar.

2. Menyediakan asupan vitamin C

Sekitar seperempat dari total kebutuhan vitamin C harian bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi satu mangkuk bubur kacang hijau. Hal ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan vitamin B1 dan B2 yang baik bagi kesehatan sel-sel tubuh dan saraf.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Bubur kacang hijau mengandung asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, dan zat besi. Sehingga dengan mengonsumsinya bisa membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh dengan efektif. Hal ini tentu akan berperan besar dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang mematikan.

4. Kesehatan jantung

Bubur kacang hijau juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, serta potasium yang dapat menyehatkan pembuluh darah. Selain itu, kacang hijau juga kaya akan kandungan antioksidan, seperti flavonoid yang bisa mencegah paparan buruk radikal bebas dan penggumpalan darah. Hal ini tentunya akan membuat jantung Anda menjadi lebih sehat.

5. Kesehatan mata

Tidak hanya wortel yang baik bagi kesehatan mata, kacang hijau juga ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan tersebut. Hal ini karena adanya kandungan karotenoid di dalam kacang hijau yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat mencegah masalah degenerasi makula, yaitu menurunnya kondisi penglihatan yang sering terjadi pada lansia. Selain itu, kacang hijau juga kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang dapat menyehatkan saraf dan otot-otot mata.

6. Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam bubur kacang hijau sangat tinggi, sehingga bisa mencegah masalah anemia atau kurang darah. Anemia ini biasanya ditandai dengan tubuh yang terasa kurang berenergi, lemah, dan sulit untuk berkonsentrasi sehingga tidak bisa melakukan aktivitas dengan normal.

7. Membantu proses detoksifikasi tubuh

Berdasarkan sebuah penelitian, diketahui bahwa kacang hijau bisa memperkuat proses detoksifikasi atau pembuangan racun di dalam tubuh. Hal ini tentu akan membuat kinerja hati dan ginjal menjadi semakin ringan dan akhirnya membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

8. Baik bagi kesehatan ibu hamil

Selain membuat ibu hamil tidak mudah jatuh sakit karena sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, kacang hijau juga kaya akan kandungan vitamin B yang bisa berpengaruh besar bagi proses pembentukan sel saraf pada janin di dalam kandungan.