Siwak merupakan alat pembersih rongga mulut, yang sama seperti sikat gigi dan pasta gigi. Siwak ini mengandung beberapa bahan yang biasa ditemukan pada pasta gigi, seperti klorida, pottasium, sodium bicarbonate, fluoride, silika, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine, tannins dan beberapa mineral lainnya. Tiap kandungan ini tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Siwak juga mengandung antibacterial acid yang dapat memerangi bakteri di rongga mulut.

Siwak tentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mulut dan gigi. Beberapa manfaat siwak tersebut, antara lain:

1. Mencegah gigi rusak

Kerusakan gigi bisa terjadi karena bakteri di rongga mulut menggunakan pati dan gula yang ada dalam makanan untuk menghasilkan asam yang menghilangkan enamel. Kerusakan gigi tersebut dapat diatasi oleh kandungan flouride. Siwak juga bisa memperkuat enamel gigi karena adanya kandungan natrium klorida, natrium bikarbonat, dan kalsium oksida.

2. Mencegah karang dan plak gigi

Plak terjadi ketika bakteri tumbuh dan berkembang biak pada gigi dan gusi. Plak yang menumpuk akan membentuk karang gigi, biasanya berwarna kuning menempel di gigi dan gusi. Pencegahannya dapat dilakukan dengan membersihkan gigi dan gusi menggunakan siwak. Kandungan antibakteri pada siwak dapat mencegah bakteri tumbuh dan berkembang biak di gigi dan gusi.

3. Mencegah bau mulut

Bau mulut atau istilah medisnya disebut halitosis bisa disebabkan oleh makanan, kurangnya air liur, atau penyakit pada gigi dan gusi. Selain untuk menyikat gigi, siwak juga bermanfaat untuk mencegah bau mulut yang tidak sedap. Kayu siwak mengandung antibakteri alami yang dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga efektif untuk mencegah bau mulut.

4. Melawan bakteri

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menemukan bahwa siwak terbukti mengandung sejumlah senyawa antibakteri alami yang secara aktif bisa melawan pertumbuhan bakteri di rongga mulut. Orang yang bersiwak secara teratur akan lebih sedikit mengalami masalah kesehatan rongga mulut dibandingkan dengan orang yang menggunakan sikat dan pasta gigi.

5. Antikanker dan analgesik alami

Selain untuk kebersihan dan kesehatan rongga mulut, siwak juga mengandung antioksidan seperti peroksidase, katalase, dan hadir polifenoloksidase yang disebut-sebut sebagai antikanker. Siwak juga memiliki bahan aktif bersifat analgesik atau penghilang rasa sakit yang dapat membantu mengatasi peradangan dan rasa sakit, terutama di gusi.

6. Menyegarkan mulut

Manfaat lainnya dari menggunakan siwak adalah rasa dan aroma menyegarkan dari rongga mulut. Hal tersebut karena ada senyawa aromatik pada siwak yang mudah menguap secara alami. Setelah bersiwak, pasti terasa bersih dan napas segar seperti menggunakan obat kumur.

7. Efektif dan efisien

Menggunakan siwak sama seperti menggunakan sikat gigi, pasta gigi, dan obat kumur. Bahkan bersiwak lebih efektif dilakukan daripada menggosok gigi. Dari segi biaya pun siwak lebih efisien.