Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Telur memiliki rasa yang enak dan dapat diolah dengan berbagai cara seperti digoreng dan direbus, telur juga bisa digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan berbagai jenis kue.

Selain memiliki rasa yang enak, telur ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya:

  1. Menyuplai nutrisi bagi tubuh. Nutrisi yang terdapat dalam sebutir telur antara lain vitamin B, DHA, dan aneka mineral seperti fosfor, zat besi, asam folat, zinc, dan selenium. Selain itu, vitamin D yang berperan penting dalam memperkuat tulang, gigi, dan mempermudah penyerapan kalsium juga terdapat di dalam kuning telur. Kuning telur juga mengandung kolin yang baik untuk kesehatan saraf dan otak.
  2. Untuk kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung dalam telur membantu menjaga kesehatan mata. Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah degenerasi makula (penyebab kebutaan pada orang tua) dan mengurangi risiko katarak.
  3. Disarankan untuk konsumsi saat diet. Sebutir telur rebus cocok untuk diet karena mengandung protein yang tinggi, rendah kalori, dan mengenyangkan.
  4. Untuk kesehatan jantung. Penderita penyakit jantung disarankan mengonsumsi satu atau dua butir telur dalam seminggu. Kuning telur mengandung lutein yang dianggap mampu menurunkan risiko mengalami penyakit jantung, omega 3 juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.
  5. Tidak meningkatkan kolesterol dalam darah. Kolesterol yang terkandung dalam telur, hanya sebagian kecil yang akan mencapai peredaran darah. Kolesterol dalam makanan dianggap tidak berbahaya sebagai lemak jenuh dalam meningkatkan kadar kolesterol darah seseorang.

Banyaknya manfaat telur bukan berarti penyajiannya bisa sembarangan. Penyajian telur perlu diperhatikan, karena pada cangkang maupun isi telur mentah juga bisa didapatkan bakteri. Bila tidak berhati-hati dalam mengolahnya bakteri tersbeut dapat menyebar ke makanan atau peralatan dapur.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar telur tetap aman saat digunakan:

  • Hindarilah menggunakan telur yang cangkangnya sudah rusak karena dapat memungkinkan untuk terkontaminasi kuman;
  • Simpanlah di tempat yang sejuk, idealnya di lemari es dengan temperatur di bawah 4ºC;
  • Konsumsilah telur segera setelah dimasak. Jangan menyimpan telur rebus di kulkas lebih dari 2-3 hari;
  • Cucilah tangan dengan sabun hingga bersih sebelum dan setelah menyentuh atau memasak telur;
  • Bersihkan semua peralatan masak yang digunakan untuk memasak telur.

Untuk mendapatkan manfaat telur yang maksimal, maka pilihlah telur yang cangkangnya masih bagus, terlihat segar, dan tidak memiliki bau yang menyengat.