Banyak pasien yang terdiagnosa penyakit langsung pada stadium akhir. Salah satu yang menyebabkan hal ini terjadi adalah masyarakat malas untuk konsultasi ke dokter. Kasus ini sering terjadi, namun bukan berarti hal ini dibiarkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui alasan mengapa masyarakat malas berkonsultasi ke dokter.

Beberapa alasan mengapa masyarakat malas berkonsultasi ke dokter, yaitu:

1. Antrian konsultasi memakan waktu yang lama

Pasien mau tidak mau menghabiskan waktu untuk mengantri saat akan berkonsultasi dengan dokter. Bagi masyarakat yang tinggal di tengah kota tentu ini akan menjadi kendala, karena mempertimbangkan pulang jam kerja dan macet yang akan dihadapi. Oleh karena itu, klinik atau rumah sakit sebaiknya menerapkan sistem manajemen yang baru, agar pasien tidak mengantri terlalu lama.

2. Biaya konsultasi mahal

Selain mengantri yang terlalu lama, presepsi biaya konsultasi yang mahal juga membuat masyarakat berpikir panjang untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Oleh karena itu, klinik mungkin dapat mengatasinya dengan memberikan perkiraan harga konsultasi sehingga pasien dapat menentukan dokter dengan tarif sesuai dengan kesanggupan. Atau solusi lainnya adalah masyarakat dapat melakukan tindakan pencegahan, seperti menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga.

3. Sulit mencari dokter yang sesuai

Masyarakat sering sekali kesulitan menemukan dokter yang tepat untuk keluhan mereka. Hal ini karena sedikitnya informasi yang tersedia mengenai keberadaan dokter klinik tersebut.

4. Beda dokter beda diagnosa

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan perbedaan diagnosa dari dokter yang berbeda. Beberapa penyakit umumnya memiliki gejala yang serupa, sehingga dokter membutuhkan waktu lebih untuk menetapkan diagnosis penyakit pasien. Kondisi mental pasien juga berpengaruh besar dalam penyampaian informasi yang diberikan kepada dokter saat konsultasi. Misalnya, ada pasien yang tidak tahan terhadap jarum suntik sehingga ia memiliki tekanan darah tinggi secara tiba-tiba.

Jika ingin manajemen klinik Anda lebih maksimal, Anda bisa menggunakan produk dari Artria, dan dapatkan informasi lebih lengkap mengenai bisnis klinik, kerja sama klinik dengan BPJS, serta beberapa tips lainnya dengan download Gratis E-Book Di sini!