Mata juling atau strabismus adalah kondisi di mana posisi kedua mata tidak sejajar atau melihat ke titik arah yang berbeda. Kondisi ini terjadi akibat terganggunya koordinasi otot penggerak bola mata. Mata juling biasanya terjadi pada anak-anak dan masa dewasa. Apabila tidak dilakukan perawatan sejak dini, strabismus tersebut dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

Gejala

Gejala yang dapat dialami oleh penderita mata juling, antara lain mata terlihat tidak sejajar, kedua mata tidak bergerak bersamaan, mata terasa tegang, memiringkan kepala ketika melihat sesuatu, sering berkedip atau menyipitkan mata, sakit kepala, penglihatan kabur, mengalami penurunan persepsi atau perkiraan akan jarak, serta penglihatan ganda.

Penyebab

Penyebab terganggunya koordinasi otot penggerak bola mata ini belum diketahui secara pasti. Beberapa penderita memiliki mata juling sejak lahir, namun ada juga yang menderita mata juling ketika dewasa. Penderita mata juling juga terkadang memiliki anggota keluarga yang mengalami mata juling. Mata juling pada anak-anak dapat dipicu oleh mata yang bekerja terlalu berat dalam mengatasi masalah penglihatan, seperti rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisma.

Selain itu, pemicu mata juling pada anak-anak namun jarang terjadi, di antaranya adalah lumpuh otak, infeksi, kondisi genetik atau sindrom, diabetes, dan kanker mata retinoblastoma. Sedangkan penyebab mata juling yang terjadi saat dewasa, antara lain botulisme, cedera mata, cedera kepala, stroke, sindrom Guillain-Barre, penyakit Grave, dan diabetes.

Diagnosis

Diagnosis mata juling dapat ditetapkan dokter dengan melakukan serangkaian pemeriksaan mata. Pemeriksaan mata tersebut berupa uji refleks cahaya kornea, uji retina, pemeriksaan visus mata, serta uji mata tertutup dan terbuka. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan otak dan sistem saraf, jika mata juling disertai dengan gejala lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa kemungkinan kondisi lain.

Komplikasi

Mata juling yang tidak segera diobati, dapat mengakibatkan mata malas dan penglihatan kabur. Penglihatan kabur akan terjadi jika mata juling tidak diatasi hingga usia 11 tahun. Terkadang anak yang sudah diobati juga dapat kembali mengalami mata juling dan mata malas. Oleh karena itu, penderita mata juling harus selalu dipantau.

Pengobatan

Pengobatan mata juling akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahannya. Beberapa jenis pengobatan yang mungkin dilakukan, antara lain:

  • Menggunakan penutup mata;
  • Kacamata;
  • Tetes mata;
  • Latihan mata;
  • Suntik botox ke otot mata yang sehat;
  • Operasi.