Agar bisnis Anda bisa bertahan, Anda memerlukan cash flow yang baik. Saat baru memulai bisnis, tidak memungkinkan untuk memiliki akses mendapatkan banyak modal. Selama fase inilah Anda harus bisa memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia agar tidak kehabisan modal. Berikut ini adalah beberapa cara agar Anda dapat mengembangkan bisnis dengan anggaran ketat:

1. Mempersiapkan sarana yang cukup sebelum memulai bisnis klinik

Ketika baru terjun ke dunia bisnis, terutama bisnis klinik, Anda mungkin akan kewalahaan dalam memilah informasi sangat tinggi. Oleh karena itu, persiapkan segala hal yang Anda perlukan untuk memulai usaha klinik sesuai dengan jenis klinik yang ingin Anda dirikan.

2. Melakukan perencanaan bisnis dengan matang

Perencanaan bisnis yang dimaksud adalah dana yang dimiliki, perlengkapan yang dibutuhkan, tempat pengoperasian dan lain sebagainya. Hal tersebut akan mempermudah Anda dalam memulai usaha klinik.

3. Melakukan pembukuan dari awal

Banyak pemilik bisnis mungkin melupakan urusan pembukuan, seperti melapor pajak. Melakukan pembukuan bukanlah hal yang sulit, dan tidak memerlukan biaya yang besar. Semakin lama ditunda maka akan semakin sulit untuk memonitor keuangan, dan semakin dekat dengan tagihan yang harus dibayar, jika terlewati maka Anda akan membayar denda. Oleh karena itu, lakukanlah pembukuan dari awal.

4. Membangun situs web

Akan lebih baik jika klinik Anda memiliki situs web. Anda dapat menempatkan banyak infromasi penting untuk pasien Anda, yang bisa mereka akses dengan cepat dari genggaman mereka.

5. Menggunakan sistem informasi untuk manajemen klinik Anda

Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan sistem informasi untuk klinik Anda. Sistem informasi tersebut dapat menyimpan semua informasi mengenai klinik dan data dijamin tidak akan hilang karena tersimpan secara online. Anda juga dapat memantau aktifitas klinik, seperti stock obat, kasir, serta berbagai informasi lainnya langsung dari genggaman Anda. Anda bisa jauh lebih hemat jika Anda mengetahui semua stock Anda.

Gunakanlah Artria sebagai sistem informasi klinik Anda, dan dapatkan informasi lebih lengkap dengan download Gratis E-Book Di sini!