Nafsu makan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti saat sedang sakit atau stres, efek samping dari obat-obatan atau kekurangan nutrisi tertentu. Namun tak perlu khawatir, ada berbagai cara untuk meningkatkan nafsu makan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengatur menu makanan dan pola makan.

Berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan, yaitu:

1. Selalu sediakan makanan kesukaan

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan adalah dengan menyediakan stok makanan kesukaan Anda di tempat yang mudah dijangkau dan terlihat, sehingga Anda bisa lebih tergoda untuk memakannya. Anda juga bisa menggugah nafsu makan Anda dengan melihat foto atau video makanan dan masakan di berbagai media sosial.

2. Makan lebih sering dengan porsi kecil

Makanan dengan porsi besar cenderung membuat selera makan hilang, terutama orang yang sedang tidak nafsu makan. Anda bisa menyiasatinya dengan mencoba membagi porsi 3 kali makan besar Anda menjadi 6–7 porsi kecil dalam sehari, termasuk porsi nasi dan lauk pauknya. Anda juga disarankan untuk tidak melewatkan sarapan pagi.

Ketika Anda sedang malas makan, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, seperti kacang-kacangan, nasi, kentang, pasta, daging, ikan, tahu tempe, alpukat, susu, dan yoghurt.

3. Makan bersama keluarga atau teman dekat

Menurut sebuah penelitian, makan bersama keluarga atau teman dekat akan lebih menyenangkan dan membantu seseorang untuk berselera makan ketimbang makan sendirian. Jika mereka tidak bisa menemani Anda, cobalah makan sambil menonton TV.

4. Siapkan makanan yang menarik

Anda dapat membangkitkan nafsu makan dengan mencoba membuat makanan terlihat lebih menarik, misalnya makanan yang berwarna-warni. Anda bisa memberikan hiasan berupa tomat, brokoli, atau sayuran lain yang berwarna cerah agar makanan tampak menarik. Namun, pastikan bahwa makanan penghias tersebut juga bisa Anda makan ya.

5. Buat suasana baru saat makan

Selain itu, Anda juga bisa mengatur meja makan layaknya sedang candle light dinner, dengan menyalakan lilin di meja makan. Kemudia lengkapi dengan memutar musik favorit Anda. Suasana santai yang dilakukan akan membuat makan jadi lebih menyenangkan dan membuatmu lebih berselera. Akan lebih menyenangkan jika acara makan ini ditemani oleh orang terdekat atau pasangan Anda.

6. Hindari minum banyak air sebelum atau saat makan

Minum air sebelum makan atau di sela-sela makan dapat membuat perut Anda terasa penuh, sehingga nafsu makan akan berkurang. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membatasi konsumsi air paling tidak 30 menit sebelum Anda makan.

7. Rajin berolahraga

Perlu Anda ketahui bahwa olahraga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena aktivitas fisik, seperti olahraga dapat membakar kalori dan menguras energi, sehingga tubuh akan merasa lapar dan membutuhkan asupan. Olahraga juga akan membantu tubuh melepaskan zat kimia di otak yang bisa membantu meningkatkan suasana hati dan merangsang nafsu makan. Anda bisa mencoba berjalan santai atau melakukan olahraga ringan lain, seperti yoga 30-60 menit sebelum waktu makan.

8. Konsumsi suplemen vitamin penambah nafsu makan

Nafsu makan bisa menurun karena kekurangan beberapa jenis nutrisi, seperti vitamin dan mineral. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis suplemen penambah nafsu makan, seperti zinc, multivitamin, minyak ikan, dan echinacea untuk meningkatkan nafsu makan.

Jika nafsu makan Anda belum juga kembali normal setelah melakukan cara-cara di atas, Anda sebaiknya konsultasi ke dokter gizi untuk mengetahui penyebab dan memberikan penanganan yang tepat.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai rekam medis digital dengan download Gratis E-Book Di sini!