Lebaran tidak terlepas dari makanan yang banyak dan enak, namun tidak semua makanan tersebut sehat. Ditambah lagi dengan faktor kelelahan saat mudik, yang bisa membuat berbagai masalah kesehatan menyerang usai lebaran. Berbagai risiko penyakit tersebut berkaitan erat dengan pola makan yang tinggi lemak, gula, dan garam.

Makan enak memang tidak ada salahnya. Namun, menjaga diri agar tidak kalap dan berlebihan adalah tantangan tersendiri yang harus dihadapi bila tidak ingin mengalami dampak buruknya, terutama bagi yang memiliki riwayat sakit sebelumnya.

Berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan selama dan sehabis lebaran:

  1. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, terutama kualitasnya.
  2. Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.
  3. Usahakan untuk mengonsumsi 1 macam lauk saja, jika merasa kue lebaran yang dikonsumsi lebih banyak, maka kurangi nasi saat makan besar.
  4. Hindari konsumsi camilan yang mengandung coklat, keju dan berlemak.
  5. Perbanyak minum air putih.
  6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran.
  7. Tetap melakukan aktivitas dan berolahraga.
  8.  Usahakan tidur 6-8 jam per hari.

Bagi yang mengalami kenaikan berat badan usai lebaran, bisa menurunkan berat badan dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Olahraga. Selain untuk menurunkan berat badan, berolahraga sangat baik untuk kesehatan. Menyisakan 30 menit dalam sehari untuk berolahraga juga bisa mengencangkan otot tertentu dan membentuk tubuh menjadi ideal.
  • Perbanyak minum air mineral. Konsumsi cairan yang cukup bisa menekan nafsu makan sehingga akan menjaga berat badan Anda.
  • Makan menggunakan piring kecil. Kurangi porsi makan Anda dengan menggunakan piring kecil, sehingga bisa memangkas asupan kalori yang berlebih.
  • Tidur yang cukup. Cara menurunkan berat bedan selanjutnya yaitu dengan tidur yang cukup. Tubuh yang kurang istirahat bisa membuat Anda cepat merasa lapar.
  •  Jangan melewatkan sarapan. Jika Anda melewatkan sarapan pagi, maka Anda akan merasakan lebih lapar pada siang hari.
  • Batas makan jam 6 sore. Makan malam sebaiknya Anda hindari jika ingin menurunkan berat badan, karena saat malam hari kita sudah tidak memiliki aktivitas yang menguras energi, sehingga dengan mengonsumsi banyak makanan akan menumpukkan banyak lemak.
  • Konsumsi makanan kaya serat. Makanan yang banyak serat sangat baik untuk menurunkan berat badan dan baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, perbanyak makanan berserat yang banyak terkandung dalam buah dan sayur.
  • Konsumsi air jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat yang dipercaya dapat membakar lemak hingga 30% lebih banyak jika diimbangi dengan berolahraga. Oleh karena itu, dengan meminum segelas jeruk nipis hangat dapat membantu menurunkan berat badan.