Minuman soda menjadi salah satu pilihan sebagian orang setelah melakukan olahraga, minuman ini memang menyegarkan apalagi jika di minum dalam kondisi dingin. Tapi, tahukah Anda minuman tersebut memiliki efek samping jika dikonsumsi setelah olahraga?

Berikut ulasannya akan di bahas artria di sini!!

Minum soda setelah olahraga memiliki efek samping

Sebaiknya Anda hindari minuman soda ini sebelum atau sesudah olahraga. Minuman bersoda ini memang bisa membantu melegakan tenggorokan yang kering setelah beraktivitas. Namun, kandungan gula sederhana yang terdapat di minuman soda ini dapat diserap dengan cepat oleh tubuh, sehingga membuat kadar gula dalam darah Anda akan meningkat dengan cepat pula. Efek tersebut juga hanya sementara, gula darah yang semula naik malah akan mengalami penurunan yang drastis.

Minum soda setelah berolahraga ternyata malah bikin tubuh gampang capek dan haus. Bahkan, pada sebagian atlet minum soda setelah olahraga tidak dianjurkan karena dapat memicu sakit perut.

Selain itu, kebiasaan minum soda sebelum atau setelah olahraga bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan akan mengacaukan usaha Anda. Walaupun memang olahraga dapat membakar kalori, tapi minum soda setelahnya akan mengembalikan kalori dalam tubuh sehingga berat badan tidak akan menurun. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan minuman pendamping yang tepat saat berolahraga untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Minum soda setelah olahraga diperbolehkan untuk atlet yang membutuhkan ketahanan, karena minuman soda mampu membantu meningkatkan energi berkali-kali lipat. Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua jenis olahraga.

Minuman yang paling baik untuk dikonsumsi sebelum dan setelah olahraga adalah air putih. Air putih dapat menghilangkan dehidrasi tanpa membuat gula darah naik atau turun. Anda tidak dianjurkan mengonsumsi minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti minuman bersoda, kafein dan alkohol.

“Sebaik-baiknya minuman soda, akan tetap lebih baik jika Anda mengonsumsi air putih”