Fasilitas perawatan di rumah sakit ada yang khusus untuk bayi dan anak-anak. Dua di antara fasilitas perawatan tersebut adalah NICU (Neonatal Intensive Care Unit) dan PICU (Pediatric Intensive Care Unit). Lalu, apa sebenarnya perbedaan dari kedua fasilitas tersebut? Berikut ulasannya.

Perbedaan NICU dan PICU

NICU dan PICU merupakan fasilitas yang diperuntukkan khusus pasien bayi dan anak-anak dengan kondisi kritis yang memerlukan perawatan intensif. Meski sekilas tampak mirip, NICU dan PICU sebenarnya memiliki perbedaan. Perbedaannya, yaitu:

NICU

NICU adalah unit perawatan intensif yang disediakan khusus untuk bayi baru lahir dengan kondisi kritis atau dengan gangguan kesehatan berat. Pasien yang dirawat di ruang NICU ini adalah bayi baru lahir hingga bayi berusia 28 hari. Beberapa kondisi bayi yang membutuhkan perawatan di NICU adalah bayi yang lahir prematur, bayi dengan cacat bawaan yang berat, mengalami gagal napas, terkena infeksi parah (sepsis), menderita dehidrasi, atau mengalami perdarahan hebat.

Ruangan NICU ini dilengkapi dengan berbagai peralatan medis untuk menangani kondisi kritis, termasuk:

  • Alat bantu napas, seperti tabung oksigen, selang atau masker oksigen, dan mesin ventilator. Peralatan ini digunakan untuk membantu bayi yang mengalami kesulitan dalam bernapas atau tidak dapat bernapas.
  • Mesin penghangat bayi (infant warmer). Bayi yang baru lahir, terutama bayi prematur berisiko untuk mengalami kedinginan (hipotermia). Oleh karena itu, dibutuhkan alat penghangat agar suhu tubuh bayi tetap hangat.
  • Inkubator. Alat ini berupa kotak khusus untuk bayi dengan dinding dari plastik tebal dan transparan yang memiliki pengatur suhu, sehingga mampu mencegah bayi kedinginan, serta berfungsi melindungi bayi dari infeksi.
  • Monitor tanda-tanda vital, yang mencakup kadar oksigen dalam darah, laju pernapasan, denyut jantung, suhu tubuh, dan tekanan darah bayi. Ruang NICU juga dilengkapi dengan berbagai alat lain yang diperlukan untuk mendukung kesehatan bayi, seperti alat untuk fototerapi, dan selang makanan yang dapat dipasangkan pada hidung atau mulut bayi untuk pemberian ASI atau susu formula.

PICU

Berbeda dengan NICU, PICU disediakan khusus untuk bayi di atas usia 1 bulan dan anak-anak berusia 1 hingga 18 tahun dengan kondisi kritis. Kondisi berat dan berpotensi fatal pada bayi lebih besar dan anak-anak yang membutuhkan perawatan di PICU ini mencakup asma parah, dehidrasi berat, perdarahan, meningitis, perdarahan akibat cedera berat atau kecelakaan, sepsis, dan kegagalan fungsi organ. Selain itu, bayi dan anak-anak yang baru saja menjalani operasi besar juga biasanya memerlukan perawatan selama beberapa waktu di ruangan PICU.

Mirip dengan NICU, ruangan PICU juga dilengkapi dengan berbagai peralatan medis untuk memantau dan merawat kondisi bayi dan anak-anak yang kritis, mulai dari inkubator, tabung oksigen, mesin ventilator, alat fototerapi, hingga alat kejut jantung khusus anak.

Perawatan di Ruang NICU dan PICU

Selain dilengkapi berbagai perlengkapan medis, ruang NICU dan PICU juga dilengkapi dengan berbagai obat-obatan emergensi, seperti dobutamin dan epinephrine, yang sewaktu-waktu diperlukan apabila kondisi pasien semakin kritis.

Selama dirawat di ruangan ini, bayi dan anak-anak dengan kondisi kritis akan dipantau dan dievaluasi secara ketat oleh tim medis yang terdiri dari dokter umum, dokter spesialis anak, dan perawat.

Orang tua dapat menemani anak yang sakit di ruangan intensif ini, namun jumlah pengunjung lain dan waktu membesuk akan dibatasi. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman bagi pasien, serta untuk mencegah pasien terkena infeksi.

Prinsip penanganan pasien bayi dan anak-anak yang kritis di ruangan intensif ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Perbedaan NICU dan PICU hanya terletak pada kelompok usia pasien, yang tentunya akan memengaruhi jenis serta ukuran alat-alat di dalamnya.