Puasa jangan dijadikan alasan untuk tidak melakukan aktivitas, termasuk berolahraga. Olahraga tetap harus dilakukan saat puasa, karena kita membutuhkan tubuh yang segar dan bugar. Jika hanya berdiam diri, tubuh akan merespons dengan hal yang sama. Akhirnya, Anda menjadi sering lemas dan tidak bersemangat.

Tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar dengan berolahraga. Meski setelah melakukan olahraga Anda akan berkeringat dan agak lemas, namun beberapa jam kemudian tubuh menjadi bugar. Anda juga akan menjadi lebih bersemangat dan awet muda. Saat tubuh sedang puasa dan olahraga dilakukan, maka hormon pertumbuhan akan muncul dan meremajakan sel di dalam tubuh.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan rutin setiap hari atau paling tidak 3-4 kali seminggu agar selalu bugar selama bulan puasa. Beberapa jenis olahraga tersebut, di antaranya:

  1. Jogging atau lari ringan. Olahraga yang paling mudah dilakukan saat puasa adalah jogging (lari ringan). Aktivitas ini akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan bisa membuat Anda tidak gampang lemas.
  2. Angkat beban. Anda bisa melakukan angkat beban di tempat fitness dengan beban yang ringan ke medium. Angkat beban ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu kuat olahraga jenis kardio. Jangan memaksakan diri untuk mengangkat beban berat, kecuali dilakukan setelah Anda berbuka.
  3. Yoga. Yoga sangat cocok untuk Anda yang ingin berolahraga cukup intens dengan jangka waktu yang singkat. Anda bisa melakukan yoga kapan saja, namun yoga lebih direkomendasikan saat pagi atau sore hari.
  4. Bersepeda. Anda bisa bersepeda santai di lingkungan rumah saat ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka tiba. Jika malas berkeliling, Anda bisa menggunakan sepeda statis.
  5. Olahraga dengan beban tubuh. Beberapa olahraga bisa dilakukan dengan hanya menggunakan tubuh sebagai beban, seperti jumping jackpush-up, dan sit-up secara rutin.

Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga saat puasa

Ada tiga waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Anda bisa mencoba semuanya sehingga bisa memilih waktu mana yang cocok untuk tubuh Anda. Tiga waktu tersebut, yaitu:

  1. Setelah sahur. Anda bisa berolahraga setelah sahur dengan mudah karena tubuh masih banyak energi. Olahraga bisa dilakukan sebelum waktu imsak sehingga Anda masih bisa minum beberapa gelas air agar tidak dehidrasi.
  2. Setelah berbuka puasa. Anda bebas melakukan olahraga apa saja pada jam ini. Anda bisa membakar kalori sampai habis, dan selanjutnya sebelum tidur Anda bisa ngemil sehat dengan mengonsumi buah atau oatmeal.
  3. Sebelum berbuka puasa. Anda bisa melakukan olahraga sebelum berbuka puasa. Anda bisa memilih waktu olahraga 30-45 menit sebelum berbuka agar bisa maksimal dan tidak terlalu haus.