Cara merawat wajah pria dengan wanita memang berbeda. Pria memiliki kulit yang cenderung lebih berminyak dan tebal dibandingkan wanita. Kulit pria juga rata-rata memiliki pori-pori wajah yang lebih besar. Kebanyakan pria merasa bahwa perawatan wajah itu hanya untuk wanita, sehingga kurang memperhatikan cara merawat wajah pria yang baik dan benar. Padahal, untuk tampil maksimal dengan cara merawat wajah pria bukanlah hal yang sulit, bahkan tidak memerlukan perawatan kulit yang rumit seperti wanita.

Mencuci muka saja tidak cukup untuk menjaga kulit pria tetap sehat dan bersih. Pria harus tahu cara merawat wajah agar terhindar dari kulit kering dan kusam. Pria yang melakukan perawatan wajah, kini tidak lagi dianggap kehilangan sisi maskulinitasnya, bahkan banyak wanita lebih suka pria yang menjaga penampilannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat wajah pria yang benar agar bisa mendapatkan penampilan yang maksimal.

Lalu, bagaimana cara merawat wajah pria yang benar? Berikut ulasannya.

Berikut ini adalah beberapa cara merawat wajah pria:

1. Membersihkan dan melembapkan wajah

Tidak hanya wanita, pria juga perlu melakukan perawatan wajah yang baik dan benar. Pria juga perlu melakukan perawatan wajah dasar seperti membersihkan wajah dan melembabkan wajah. Setiap hari kulit wajah sering terkena polusi, termasuk dari asap rokok. Selain itu, pria cenderung memiliki kulit yang lebih berminyak dan lebih tebal dibandingkan wanita. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pembersih wajah yang baik dan efektif untuk semua jenis kulit. Hindari kebiasaan mencuci muka dengan sabun mandi karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kering, serta aplikasikan pelembap setelah mencuci muka.

2. Selalu pakai sunscreen

Hal lain yang cenderung pria abaikan adalah tabir surya atau sunscreen. Padahal penggunaan sunscreen tersebut sangat penting karena sinar matahari dapat merusak warna dan tekstur kulit. Oleh karena itu, sebagai cara merawat wajah pria yang benar, pastikan untuk selalu memakai sunscreen. Anda bisa memilih produk yang mudah meresap untuk menghindari rasa malas karena efek lengket dari tabir surya. Kemudian jangan lupa untuk memakai tabir surya dengan kadar SPF minimal 30.

3. Eksfoliasi rutin

Setelah melakukan rutinitas mencuci muka, toning, dan moisturizing, sesekali luangkanlah waktu untuk melakukan eksfoliasi atau scrub pada wajah. Eksfoliasi ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati serta membuang kotoran yang menyumbat kulit. Selain itu, dengan eksfoliasi secara rutin, Anda bisa menghaluskan folikel kulit yang akan memudahkan saat bercukur.

4. Tambahkan bahan alami ke dalam perawatan wajah rutin

Cara merawat wajah pria selanjutnya adalah dengan menambahkan bahan alami ke dalam perawatan rutin, mulai dari jeruk yang kaya akan vitamin C hingga tomat yang mengandung vitamin E dan C yang baik untuk kulit. Keduanya ini bisa diolah untuk dijadikan masker wajah agar kulit wajah jadi lebih sehat dan cerah.

5. Jaga area mata dan bibir

Kulit di sekitar mata tidak memiliki keringat dan kelenjar minyak, sehingga sangat rentan terhadap dehidrasi. Dehidrasi pada kulit bisa menyebabkan munculnya garis-garis halus dan keriput. Hal tersebut dapat dicegah dengan mengoleskan krim mata sedikit saja untuk menghidrasi kulit di bawah mata setiap pagi dan sebelum tidur. Kebiasaan ini juga bisa mengurangi efek sembab pada mata. Selain mata, perhatikan juga bibir karena bibir mudah sekali menghitam dan pecah-pecah sehingga membuatnya terlihat buruk. Anda bisa menggunakan lip balm untuk mengatasinya.

6. Konsumsi makanan-makanan sehat

Selain perawatan dari luar, penting juga untuk menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, serta perbanyak konsumsi air untuk  memperlancar metabolisme yang berpengaruh pada kesehatan kulit. Kemudian kurangi konsumsi makanan yang digoreng .

7. Menjaga kebersihan jenggot

Tidak masalah jika pria ingin memelihara jenggot, namun pastikan kebersihan jenggot terjaga agar tidak menimbulkan gatal. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan jenggot adalah dengan membersihkannya menggunakan sabun pembersih wajah atau sampo, tetapi jangan berlebihan agar minyak alami pada jenggot tidak hilang.