Memenuhi kebutuhan nutrisi saat masa kehamilan sangat penting untuk menjaga asupan gizi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun setelah melahirkan, Ibu juga harus tetap mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang lengkap, karena saat melahirkan Ibu akan banyak mengeluarkan darah dan tentunya membutuhkan nutrisi untuk membantu pembentukan darah lebih cepat. Selain itu, makanan dengan nutrisi tinggi terutama yang mengandung kalsium juga penting untuk memperlancar ASI.

Kemenkes RI merekomendasikan banyak konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk membantu tubuh menyerap zat besi. Kemudian vitamin D juga sangat penting untuk  membantu penyerapan kalsium agar produksi ASI lancar. Kekurangan kalsium saat menyusui bisa berisiko mengalami pengeroposan tulang karena tubuh yang mengambil kalsium dari tulang dan gigi untuk membuat ASI. Selain makanan, hidup sehat juga akan memengaruhi kesehatan ibu. Lalu, makanan apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk produksi ASI lancar? Berikut ulasannya.

Beberapa makanan untuk memperlancar produksi ASI, yaitu:

1. Susu rendah lemak

Susu adalah sumber kalsium yang cukup tinggi dan lebih mudah untuk dicerna. Produk susu dalam bentuk yoghurt dan keju juga bisa menjadi pilihan Ibu agar tidak bosan. Selain kalsium, susu juga mengandung protein, vitamin B, serta vitamin D. Ibu dapat memilih susu rendah lemak untuk menjaga asupan kalori harian Ibu.

2. Telur

Telur merupakan sumber protein nabati dan lemak yang baik bagi Ibu untuk membantu proses hidup sehat setelah melahirkan. Kandungan nutrisi pada telur ini tidak hanya bisa melancarkan produksi ASI, namun bisa juga menjaga tubuh memiliki energi dan baik untuk otak bayi yang mendapatkannya dari ASI Ibu.

3. Ikan salmon

Ibu bisa menambahkan ikan salmon ke dalam menu makanan dua kali dalam seminggu. Ikan salmon merupakan sumber omega-3 dan kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil, serta menjaga kesehatan jantung

4. Daging sapi

Kualitas ASI dapat meningkat dan mengembalikan energi Ibu setelah melahirkan  dengan mengonsumsi daging sapi yang mengandung rendah lemak. Daging sapi juga memiliki kandungan protein, zat besi, serta vitamin B12 yang sangat penting bagi ibu menyusui.

5. Kacang-kacangan

Kandungan pada kacang-kacangan yang baik untuk produksi ASI adalah protein nabati dan zat besi, yang banyak ditemukan pada kacang hitam dan kacang merah.