Darah bagian terpenting dalam tubuh yang berfungsi untuk membawa nutrisi makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Proses peredaran darah yang tidak lancar akan menurunkan kinerja organ tubuh lainnya, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda awal tidak lancarnya peredaran darah tersebut.

Berikut ini adalah tanda-tanda peredaran darah tidak lancar:

  1. Sering mengalami kesemutan. Kesemutan atau kebas di bagian kaki dan tangan merupakan salah satu tanda peredaran darah tidak lancar. Jika kondisi ini terus berlanjut, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.
  2. Bisul di kaki. Peredaran darah yang buruk dapat memberikan tanda dengan bisul yang muncul pada bagian kaki.
  3. Tangan dan kaki terasa dingin. Darah memiliki fungsi mengatur suhu tubuh, sehingga jika aliran darah tidak lancar akan membuat Anda merasa kedinginan yang umumnya terjadi pada bagian tangan dan kaki. Selain itu, tangan dan kaki juga akan terlihat lebih pucat.
  4. Kesulitan berpikir. Otak membutuhkan suplai darah sehat agar bisa berfungsi dengan baik. Ketika terjadi gangguan terhadap peredaran darah, maka kemampuan otak akan mengalami penurunan.
  5. Rambut rontok. Peredaran darah yang tidak lancar dapat membuat rambut rontok. Hal ini karena nutrisi yang tidak terdistribusi dengan baik ke bagian kepala.
  6. Gangguan sistem pencernaan. Peredaran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan sakit perut dan diare. Hal ini karena sistem pencernaan juga membutuhkan suplai darah yang kaya akan oksigen untuk membantu mencerna makanan. Ketika sirkulasi darah memburuk, maka sistem pencernaan juga akan mengalami penurunan fungsi.
  7. Mudah lelah. Aliran darah yang tidak lancar akan membuat nutrisi dan oksigen tidak tersalurkan dengan baik, sehingga organ dan otot tubuh akan mengalami kekurangan pasokan. Akibatnya, Anda akan mudah lelah, lemas, dan mengantuk.
  8. Hilang nafsu makan. Sirkulasi darah yang tidak lancar ke organ pencernaan dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan.
  9. Disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi atau impotensi dapat terjadi akibat adanya gangguan aliran darah menuju penis. Peredaran darah yang tidak lancar ini akan membuat pria tidak mampu mendapatkan kepuasan orgasme saat melakukan hubungan seksual.

Peredaran darah yang tidak lancar disebabkan oleh gaya dan pola hidup yang tidak sehat. Jika Anda mengalami tanda-tanda seperti yang telah disebutkan tadi, maka segera lakukan perubahan gaya hidup agar tidak terjadi masalah kesehatan yang lebih serius. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin, mengonsumsi makanan sehat, serta menghindari rokok, dan minuman keras.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai rekam medis digital dengan download Gratis E-Book Di sini!