Banyak hal yang harus dilakukan saat menjalani ibadah puasa, salah satunya yaitu mengetahui kondisi kesehatan. Cek kesehatan menjadi tindakan yang perlu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan saat melakukan ibadah puasa tersebut.

Meskipun puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun tidak ada salahnya untuk memastikan kesehatan Anda, dan salah satunya adalah pemeriksaan kadar kolesterol dalam tubuh. Cek kesehatan, khususnya kadar kolesterol dalam tubuh sangat penting dilakukan sebelum melakukan puasa. Hal ini dilakukan untuk mencegah ibadah puasa terganggu akibat gangguan yang terjadi pada tubuh karena kadar kolesterol yang tinggi.

American Heart Association menyarankan untuk melakukan cek kolesterol secara rutin setiap empat hingga enam tahun sekali. Setiap hasil tes kolesterol akan menunjukan kondisi kolesterol dalam tubuh. Terdapat beberapa jenis kolesterol yang diukur dalam cek kolesterol, seperti:

  • Kolesterol total. Jenis ini merupakan jenis keseluruhan kolesterol yang ditemukan dalam darah, normalnya berada pada 200mg/dL.
  • LDL.Kolesterol jenis ini menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, normalnya berada pada 100mg/dL ke bawah.
  • HDL.Kolesterol ini termasuk dalam kolesterol baik yang menurunkan risiko penyakit jantung, idealnya adalah 60mg/dL.
  • Trigliserida.Kadar trigliserida yang tinggi dapat menyebabkan seseorang rentan penyakit jantung, normalnya 149mg/dL.

Makanan untuk pengidap kolesterol saat puasa

Menjaga pola makan penting dilakukan ketika menjalani ibadah puasa, agar kadar kolesterol tidak meningkat dan mengganggu aktivitas. Perhatikan makanan yang baik untuk pengidap kolesterol saat berbuka puasa atau sahur:

1. Oatmeal

Konsumsilah oatmeal sebagai menu sahur atau berbuka puasa. Oatmeal ini mengandung serat baik yang mampu menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Selain baik untuk kadar kolesterol, konsumsi oatmeal ketika sahur atau berbuka juga membuat Anda merasakan kenyang lebih lama karena oatmeal mengandung karbohidrat kompleks.

2. Kacang Kedelai

Sumber makanan yang berasal dari kacang kedelai, seperti tahu atau tempe bisa menjadi pilihan untuk berbuka atau sahur. Makanan ini mengandung zat isoflavon yang memiliki fungsi menekan kolesterol jahat.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan omega 3 yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, dan meningkatkan produksi kolesterol baik. Konsumsilah ikan salmon untuk menu berbuka atau sahur, dan perhatikan tingkat kematangan dan kebersihan ikan salmon agar kesehatan tetap terjaga.

4. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang bisa Anda gunakan sebagai penurun kolesterol. Alpukat ini mengandung beta sitosterol, yaitu sejenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Alpukat juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan selama menjalankan ibadah puasa.