Menerapkan pola hidup sehat bisa memberikan banyak manfaat, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Lalu, mengapa Ibu perlu menerapkan pola hidup sehat? Berikut ulasannya.

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya menerapkan pola hidup sehat:

1. Mengurangi stres

Pola hidup sehat tidak hanya memengaruhi kondisi fisik, namun juga memengaruhi mood. Terdapat beberapa bagian yang dapat mengatur mood dalam otak. Mood yang baik akan menimbulkan semangat yang tinggi untuk beraktivitas, tidur lebih berkualitas, serta kemampuan untuk fokus terhadap suatu hal pun menjadi lebih baik. Menerapkan pola hidup sehat juga bisa mengurangi tingkat stres.

2. Meningkatkan energi

Pola hidup sehat identik dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta berolahraga teratur. Hal ini secara langsung dapat membantu meningkatkan energi. Olahraga akan membantu melepaskan endorfin yang dapat membuat perasaan lebih baik, serta dapat membantu meningkatkan energi.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit

Menjaga pola makan serta aktif berolahraga adalah kunci pola hidup sehat. Menjalankan pola hidup sehat ini akan mengurangi bahkan terhindar dari risiko beberapa penyakit, seperti diabetes, jantung, stroke dan hipertensi.

4. Menjaga produktivitas

Menerapkan pola hidup sehat akan berdampak pada peningkatan produktivitas. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Population Health Management menyatakan bahwa mengonsumsi makanan yang kurang sehat bisa meningkatkan risiko penurunan produktivitas hingga sebesar 66%.

5. Menjaga berat badan

Pola hidup sehat bisa dimulai dengan hal sederhana sekalipun, misalnya dengan sarapan pagi untuk membantu proses metabolisme, mengganti makanan yang mengandung gula berlebihan serta soda dengan buah ataupun air putih. Kebiasaan baik ini dalam jangka panjang akan membawa dampak baik bagi tubuh, yaitu menjaga berat badan tetap stabil. Selain berat badan, menjalankan pola hidup sehat juga dapat meningkatkan kesehatan gigi, kulit, serta kuku.