Puasa memang diwajibkan bagi orang beragama Islam. Namun meskipun diwajibkan, tetap diberikan keringanan untuk boleh tidak berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui jika ada hal yang mengkhawatirkan pada calon bayi atau sang ibu.

Tetapi, jika ibu hamil dan menyusui merasa sanggup dan memungkinkan untuk berpuasa, boleh tetap menjalankan kewajibannya. Ibu hamil dapat melakukan beberapa tips agar tetap aman saat menjalankan puasa. Beberapa tips tersebut, antara lain:

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat cukup pada saat sahur.
  2. Konsumsi sayuran dan vitamin ketika sahur. Sayuran dan vitamin akan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan selama seharian berpuasa.
  3. Konsumsi air minum minimal 2 liter per hari, misalnya 1 gelas saat berbuka, 1 gelas selesai berbuka, 2 gelas sesudah makan, 2 jam kemudian 1 gelas, 1 gelas sebelum tidur, 2 gelas pada saat sahur, atau bisa juga 3 gelas saat berbuka puasa, 3 gelas saat sahur, dan 2 gelas sebelum tidur.
  4. Jangan konsumsi makanan yang manis dan berminyak secara berlebihan.
  5. Konsumsi kurma secukupnya saat berbuka.
  6. Jangan melakukan kegiatan atau aktivitas yang menguras tenaga pada saat siang hari.

Jika Anda kuat dan bayinya sehat, maka jangan takut untuk berpuasa. Anda bisa mencoba berpuasa, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada bidan atau dokter spesialis kandungan. Jika dokter tidak menyarankan Anda berpuasa, maka jangan coba berpuasa.