Tanaman obat adalah tumbuhan yang bermanfaat untuk menyembuhkan atau mencegah penyakit. Ada beragam jenis tanaman obat yang biasa digunakan dalam pembuatan jamu sebagai pengobatan tradisional Indonesia. Tiap jenis tanaman obat tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman obat yang biasa dibuat jamu dan manfaatnya:

  1. Kunyit. Kunyit mengandung zat kurkumin yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan, serta mencegah berbagai penyakit, seperti meringankan gejala gangguan pencernaan, penyakit kulit, penyakit hati, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, hingga mencegah kanker pada usus besar.
  2. Jahe. Jahe mengandung senyawa aktif gingerol yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan (sakit perut), mual, pusing serta nyeri sendi, seperti osteoarthritis dan rematik. Selain itu, jahe juga berfungsi sebagai zat anti kanker. 
  3. Kencur. Kencur termasuk tanaman herbal yang kerap diubah menjadi jamu. Biasanya, disajikan dalam bentuk minuman dengan campuran air beras. Selain memiliki rasa yang nikmat dan menghangatkan, kencur juga memiliki manfaat untuk mengatasi sakit kepala, masuk angin, batuk dan flu, sakit perut karena mulas dan diare, serta mencegah batu ginjal.
  4. Mengkudu. Mengkudu memang memiliki rasa pahit, namun sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung hingga diabetes. Hal ini karena kandungan polisakarida dalam mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai immunostimulator untuk membantu menormalkan sistem imun. 
  5. Kumis kucing. Kumis kucing memiliki kandungan zat aktif seperti orthosiphon, sinensetin, lipophilic, flavonoid, orthosiphol, dan rosmarinic acid. Kandungan zat aktif pada kumis kucing tersebut bermanfaat untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal, menyembuhkan diabetes, hipertensi, dan asam urat.
  6. Temulawak. Temulawak juga menjadi salah satu bahan yang ada di dalam jamu yang kerap dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat tradisional. Temulawak ini memiliki banyak manfaat sebagai antioksidan alami yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan tentunya baik untuk kesehatan jantung, serta menurunkan risiko infeksi dan beberapa jenis kanker.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai rekam medis digital dengan download Gratis E-Book Di Sini!