Perawat adalah tenaga medis yang biasanya mendampingi dokter dalam penyembuhan pasien. Dokter mungkin akan sangat kesulitan apabila dalam pekerjaannya tidak didampingi oleh perawat. Selain mendampingi dokter, perawat juga memiliki kewajiban untuk selalu dekat dengan pasien dan memastikan kondisinya baik-baik saja.

Berikut ini adalah fakta lainnya mengenai perawat :

1. Sering bersentuhan dengan benda kotor

Perawat memiliki tugas dalam merawat pasien. Pasien yang sedang sakit di rumah sakit, bisa saja mengalami kesulitan BAB (buang air bersih), BAK (buang air kecil, mengalami kelumpuhan, mengalami luka parah yang harus mengganti perban tiap beberapa jam, serta mengalami gangguan pernapasan dan lainnya. Perawat juga harus bisa mengawasi pasien yang membutuhkan sesuatu, seperti mengganti infus, mengiringi apabila merasa pusing, bahkan ingin muntah ataupun sekedar ingin BAK.

2. Menjaga keluarga pasien

Pasien rawat inap tentu akan sangat merasa tidak nyaman apabila hanya ditinggal sendiri di rumah sakit. Umumnya, salah satu atau dua anggota keluarga pasien akan berada ditempat untuk berjaga. Selain rutin memeriksa keadaan pasien, perawat juga akan menyediakan kebutuhan tambahan untuk keluarga pasien, misalnya selimut tambahan ataupun hal lain yang mereka butuhkan.

3. Mengangkat beban berat

Perawat perlu melengkapi semua laporan mengenai catatan medis atau rekam medis pasien. Namun, sekarang perawat tidak perlu mengangkat data pasien yang berat kemana-mana, karena Artria telah hadir sebagai sistem informasi yang dapat membantu pihak klinik dan rumah sakit dalam mengelola data. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai rekam medis digital dengan download Gratis E-Book Di sini!

4. Kerja lembur

Sama seperti dokter, perawat juga terkadang tidak mempunyai pilihan lain, seperti tetap mengerjakan tugasnya meskipun jam kerjanya telah habis. Meskipun hanya terjadi dalam keadaan darurat, perawat tidak mungkin untuk meninggalkan pasiennya. Perawat harus memastikan keadaan pasiennya stabil terlebih dahulu sebelum bisa pulang.

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa posisi perawat sama pentingnya dengan dokter.