Puasa tidak terlepas dari waktu berbuka dan sahur. Saat sahur, seseorang akan makan dan minum layaknya sarapan hingga waktunya berpuasa dimulai. Kebanyakan masalah yang terjadi saat sahur adalah malas untuk bangun, karena merasa kurang waktu tidur saat bulan puasa. Padahal, sahur adalah hal yang penting agar mampu menahan haus dan lapar seharian. Hal tersebut dapat membuat Anda mengatur energi di dalam tubuh, agar dapat beraktivitas secara normal setiap hari selama bulan Ramadan.

Rasa malas untuk bangun sahur tentunya selalu ada. Namun, mengingat manfaatnya terhadap tubuh, maka hal tersebut sangat penting dilakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi malas bangun sahur, yaitu:

1. Tidur lebih awal

Kebanyakan orang mungkin memang sudah merencanakan untuk tidur lebih awal, tetapi kenyataannya sulit dilakukan. Hal tersebut dikarenakan seseorang baru akan selesai salat tarawih sekitar jam 9, kemudian mereka akan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tertunda. Meskipun begitu, agar ibadah puasa Anda tidak terganggu, cobalah untuk berusaha tidur paling telat pada jam 10 malam, supaya dapat bangun untuk sahur. Hal tersebut bisa berhasil, karena tubuh akan merasa cukup tidur hingga waktunya sahur.

2. Mengatur waktu

Salah satu cara untuk tetap bisa bangun sahur adalah dengan mengatur waktu. Caranya yaitu dengan menyalakan alarm, agar Anda tetap bisa bangun. Letakkan alarm tersebut agak jauh dari jangkauan, sehingga tidak mudah untuk dimatikan. Jika Anda sulit mencapainya, otomatis tubuh akan bangun dari kasur dan mematikan benda tersebut. Setelah itu, kemungkinan besar Anda akan langsung bersiap-siap untuk sahur.

3. Hindari minuman berkafein sebelum tidur

Cara lainnya agar dapat bangun sahur adalah dengan menghindari konsumsi minuman berkafein di malam sebelumnya. Cobalah untuk memastikan apabila Anda meminum kopi ketika sahur, sehingga tubuh Anda siap untuk beraktivitas. Selain itu, jika Anda mempunyai alat pembuat kopi, coba atur pada jam sahur yang mungkin dapat membantu Anda untuk bangun jika tercium aroma kopi.

4. Rutin berolahraga

Berolahraga sangat penting, karena merupakan salah satu cara terbaik bagi tubuh untuk bernapas dengan cara yang benar. Bahkan, berjalan cepat yang dilakukan secara konsisten, dapat memberi Anda dorongan energi dan membuat tidur menjadi lebih tenang. Berolahraga yang baik dapat dilakukan sebelum berbuka puasa, atau sekitar jam 10 malam.

5. Membuat rencana sahur harian atau mingguan

Membuat rencana sahur harian atau mingguan mungkin dapat membuat Anda lebih semangat untuk bangun sahur. Cobalah untuk merencanakan makanan yang akan Anda konsumsi dan perhatikan gizi yang akan diterima agar dapat beraktivitas secara maksimal. Selain itu, sediakan juga makanan-makanan yang menyehatkan tubuh, seperti buah-buahan, sereal, yoghurt, dan lain-lain.