Diare adalah suatu penyakit yang ditandai dengan peningkatan frekuensi buang air besar yaitu lebih dari tiga kali sehari, disertai adanya perubahan bentuk (keenceran) dan konsistensi tinja (feses). Diare dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, keracunan makanan, alergi ataupun karena defisiensi, menderita penyakit pada saluran pencernaan, serta efek samping obat-obatan. Kondisi ini dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan, sehingga menyebabkan dehidrasi. Diare disarankan untuk secepatnya diatasi agar tidak bertambah parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi diare, seperti:

  • Hindari makanan yang berminyak dan pedas;
  • Minum jus buah tanpa gula tambahan;
  • Konsumsi makanan yang kaya akan potassium seperti pisang dan kentang;
  • Konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan sodium seperti air kaldu (sup);
  • Konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti pisang;
  • Hindari kafein dan alkohol.

Beberapa obat diare alami adalah cairan rehidrasi oral, yoghurt, jahe, teh, pisang, nasi, saus apel, dan roti. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, seperti buah, sayuran, dan daging.

Jika cara di atas belum berhasil, maka solusi terbaik untuk mengatasi diare bisa Anda konsultasikan langsung dengan dokter. Dokter akan memberikan obat-obatan, dan meresepkan antibiotik untuk diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Selain antibiotik, dokter juga dapat memberikan obat memperlambat gerakan usus (seperti loperamide), obat ini dapat mengurangi diare yang parah.