Saat berpuasa rasa lapar itu tentunya akan muncul. Padahal, Anda merasa sudah makan dengan porsi yang banyak tapi masih saja merasa kelaparan. Mungkin Anda bisa mencoba membiasakan tips di bawah ini agar tidak sering mengalami perut keroncongan.

1. Tidur

Saat kurang tidur, ghrelin akan meningkat dan memicu rasa lapar. Berdasarkan sebuah studi dari University of Chicago, Anda mungkin tidak selalu bisa mendapatkan tujuh jam penuh waktu beristirahat, tetapi jika Anda makan lebih sedikit aktivitas juga jangan terlalu diperpadat.

2. Biasakan makan sehat

Menekan ghrelin dapat Anda lakukan dengan mencoba konsumsi makanan yang lebih sehat. Goreng-gorengan mempromosikan penyimpanan lemak dan menyebabkan Anda menginginkan makanan berlemak.

3. Makan lebih lambat

Diperlukan 20 menit bagi hormon untuk menyampaikan pesan ke otak bahwa kita tidak lagi lapar. Oleh karena itu, minumlah sedikit air atau letakkan sendok di sela-sela waktu mengunyah.

4. Tenang

Stres akan meningkatkan kortisol yang dapat menyebabkan bertambahnya berat badan di sekitar perut. Saat kecemasan muncul, Anda dapat beralih ke olahraga, meditasi, fokus ke pernapasan, mendengarkan musik atau telepon dengan teman untuk mengalihkan Anda dari makanan.