Bulan Ramadan memang bulan yang sangat dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Setiap negara tentunya memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan ramadan bahkan makanan-makanan khas yang muncul saat bulan puasa tiba. Hampir di setiap negara menyediakan air putih dan buah kurma untuk berbuka puasa. Hal tersebut karena kombinasi antara air putih dan buah kurma memang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan setelah seharian menjalani ibadah puasa.

Berikut ini adalah beberapa tradisi unik puasa di berbagai belahan dunia:

1. Italia

Meskipun Italia bukan negara mayoritas penduduk beragama muslim, namun Italia memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan ramadan. Masyarakat muslim di Italia memiliki kebiasaan unik, yaitu memasak berbagai jenis makanan manis.

Kurma merupakan makanan yang menjadi andalan bagi masyarakat Italia. Kurma menjadi salah satu makanan favorit saat buka puasa, karena memiliki banyak kandungan yang dapat mengembalikan kesehatan Anda setelah kurang lebih 12 jam berpuasa. Cukup banyak kreasi dari buah kurma yang muncul di Italia saat memasuki bulan ramadan, seperti kurma yang dibalut cokelat, bahkan pizza dengan topping buah kurma.

2. India

India juga bukan negara dengan mayoritas penduduk beragama islam. Namun, saat memasuki bulan ramadan, suasana Ramadan di India tetap kental terasa. Masyarakat India menyebut bulan ramadan dengan sebutan ramazan. Banyak tradisi unik yang dilakukan masyarakat India, mulai dari membersihkan rumah agar ibadah puasa sepanjang bulan ramadan berjalan dengan hikmat, hingga tradisi para pria yang menghias mata dengan kohl.

Selain itu, masyarakat India biasanya akan mengonsumsi minuman yang terbuat dari kacang-kacangan saat sahur, yang dikenal dengan nama harir. Sedangkan untuk berbuka puasa, masyarakat India biasanya mengonsumsi buah-buahan yang mengandung manis alami, dan akan menghidangkan makanan berupa sup yang dikenal dengan nama ganghui. Ganghui yaitu sejenis sup yang terbuat dari tepung terigu, beras, dan potongan daging.

3. Palestina

Warga muslim Palestina saat bulan ramadan biasanya akan berbelanja kebutuhan buka puasa dan persiapan menjelang ramadan. Ornamen-ornamen lampu akan dipasang untuk menandai masuknya bulan ramadan. Makanan tradisional Palestina akan menjadi salah satu makanan yang dihidangkan pada saat berbuka puasa, ada maqlooba yaitu daging dan sayuran yang digoreng bersama nasi, dan ada juga musakhan yaitu ayam panggang yang terdapat pada roti kemudian dicampur dengan bawang, rempah,dan kacang pinus.

4. Jepang

Meskipun penduduk di jepang mayoritas beragama Shinto, namun ternyata cukup banyak juga umat muslim yang tinggal di Jepang. Menyambut bulan ramadan, rasa toleransi yang digambarkan di negara jepang sangat tinggi. Sebuah lembaga bernama Japan Islamic Center atau Pusat Islam di Jepang bertugas membagi jadwal dan informasi seputar bulan ramadan di Jepang. Tidak hanya tradisi toleransi tersebut, di Jepang masyarakat muslim juga punya makanan favorit untuk berbuka puasa, salah satunya adalah roti dorayaki. Roti dorayaki ternyata menjadi menu berbuka puasa yang paling digemari masyarakat muslim Jepang.

Jika Anda ingin merasakan menu berbuka dari berbagai negara di atas, Anda bisa mencoba membuat menunya sendiri di rumah. Anda juga bisa bertanya lebih banyak kepada dokter mengenai makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.