Anda yang belum pernah ikut andil dalam membuka usaha klinik ataupun rumah sakit mungkin masih belum mengerti mengapa ada warna yang sebaiknya tidak diaplikasikan ke klinik atau rumah sakit. Berikut ini adalah dua warna yang sebaiknya tidak tidak diaplikasikan ke klinik/RS:

1. Merah

Warna merah identik dengan darah, di mana sebagian pasien memiliki trauma tersendiri dengan darah, sehingga malah membuat mereka merasa tidak nyaman. Klinik atau rumah sakit yang seharusnya menjadi tempat mereka untuk mendapatkan pertolongan, malah akan membuat mereka merasa tertekan apabila mengaplikasikan warna ini.

2. Hitam

Warna hitam tersebut identik dengan kematian. Meskipun dengan kebudayaan yang berbeda mengenai pemakaman, namun sudah menjadi rahasia umum bahwa warna hitam tidak bisa diaplikasikan pada klinik atau rumah sakit. Warna hitam mungkin bisa dianggap mengundang kematian.

Warna memang dapat mempengaruhi emosi serta suasana hati seseorang, termasuk interior klinik atau rumah sakit. Oleh karena itu, klinik atau rumah sakit banyak menerapkan warna yang mampu memberi kesan menenangkan. Hal tersebut dapat membantu pasien merasa lebih tenang dan tidak mengalami kesulitan saat akan beristirahat, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan. 

Berikut ini adalah warna yang banyak diaplikasikan di klinik atau rumah sakit:

1. Warna putih

Warna putih merupakan warna yang paling umum terlihat di dinding rumah sakit. Warna ini mampu memunculkan suasana damai dan tenang, memberi kesan rapi, kebersihan serta sehat. Efek yang mungkin ditimbulkan yaitu membuat pasien merasa tenang sehingga mampu membantu masa pemulihan.

2. Warna hijau

Warna hijau dianggap sebagai warna yang santai dan menyegarkan, menciptakan suasana damai yang mendorong konsentrasi, seimbang dan menekan emosi. Warna ini dapat memberikan efek yang menenangkan pada saraf, sehingga menjadi pilihan tepat untuk diaplikasikan pada klinik atau rumah sakit khususnya, pada ruang rawat inap.

3. Warna biru

Efek pada warna hijau juga berlaku pada penggunaan warna biru. Warna biru sering digunakan untuk mendesain kamar rawat inap anak-anak. Hal ini karena mampu memberi sensasi ketenangan dan dapat menyampaikan efek penyembuhan pada anak.