Sayur-sayuran memang dikenal dengan segudang manfaat untuk kesehatan. Sehingga menjadikan sayuran sebagai menu sahur bisa memberikan tabungan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh selama sepanjang hari. Sayuran juga mengandung serat tinggi, itu artinya sistem pencernaan akan bekerja lebih efisien dan teratur ketika asupan sayuran meningkat. Oleh karena itu, menambah asupan sayuran sangat penting untuk mencegah sembelit di bulan puasa.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi sayuran yang dapat dijadikan menu sahur:

1. Bayam

Bayam sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu sahur, karena bayam sangat sehat dan telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Bayam telah terbukti bisa membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, membantu dalam pencegahan kanker, serta membantu mengatur tingkat tekanan darah. Bayam mengandung antioksidan yang melawan stres oksidatif dan membantu mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.

2. Mentimun

Salah satu kelebihan mentimun sebagai menu sahur adalah bisa merangsang selera makan yang kerap kali tertunda saat pagi hari. Mentimun kaya akan nutrisi serta senyawa dan antioksidan yang dapat membantu mengobati dan bahkan mencegah beberapa kondisi. Selain itu, mentimun juga mengandung banyak air, serat larut, dan rendah kalori, sehingga ideal untuk meningkatkan hidrasi dan membantu penurunan berat badan.

3. Sayur Sop

Sayur sop adalah komposisi yang tepat untuk menu sahur sehat, di mana dalam sayur sop terdapat berbagai sayuran yang memiliki banyak manfaat, seperti wortel, buncis, kentang, kol, dan brokoli. Selain itu, kaldu ayam dalam sayur sop juga bisa menjadi sumber energi, sehingga sangat membantu vitalitas dan daya tahan sampai tiba waktu berbuka.

4. Brokoli

Brokoli cocok dijadikan salah satu menu sahur, karena dapat bisa menambah nafsu makan. Selain itu, seporsi brokoli yang telah dimasak menawarkan vitamin C sebanyak jeruk, dan merupakan sumber beta-karoten yang baik. Brokoli juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin B1, B2, B3, B6, zat besi, magnesium, kalium, dan seng. Brokoli juga menyediakan serat dan rendah kalori.